Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Bos Apple Sarankan Beli Android Jika Ingin Fitur Ini

Shinta Galih,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bos Apple Sarankan Beli Android Jika Ingin Fitur Ini
Image: Apple VS Android (Foto: Devathon)

Jakarta - CEO Apple Tim Cook memberikan saran mengejutkan kepada pengguna iPhone. Dia memberikan saran untuk membeli ponsel Android bilamana mereka menginginkan fitur ini.

Fitur yang dimaksud adalah sideload.  Fitur ini memungkinkan pengguna mengunduh dan menginstal aplikasi dari pihak ketiga atau di luar Google Play Store.

Saat ini fitur sideloading hanya tersedia di Android, sementara iPhone belum dimungkinkan.

“Saya pikir orang memiliki pilihan itu hari ini. Jika Anda ingin melakukan sideload, dapat membeli ponsel Android. Pilihan itu ada, ketika Anda pergi ke toko,” kata Cook saat di  acara DealBook Online Summit 2021 yang digelar media The New York Times.

Cook mengibaratkan jika iPhone punya sideloading seperti produsen kendaraan yang menjual mobil tanpa airbag atau sabuk pengaman sehingga sangat berisiko untuk keamanan pengguna.

Sebab itu Apple tidak mengizinkan fitur tersebut ada di semua sistem perangkatnya. 

"Terlalu berisiko untuk melakukan itu. Dan tidak akan menjadi iPhone, jika tidak memaksimalkan keamanan dan privasi," ujar Cook.

Selain Cook, Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi ikut turut menyoroti soal sideloading ini. Dia mengibaratkan kalau sideloading seorang penjahat dunia maya yang menawarkan kebebasan menginstal aplikasi dari mana saja padahal beresiko keamanan dan privasi.

Dan ini sejalan dengan laporan Apple sebelumnya yang menyebut Android rentan keamanannya dibandingkan iPhone. Jika bandingkan perangkat Android 47 kali lebih rentan dibanding di iPhone.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait