Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

BPBD Jember Sebut Puluhan Bangunan Rusak Akibat Gempa M 5,1

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BPBD Jember Sebut Puluhan Bangunan Rusak Akibat Gempa M 5,1
Image: Kondisi salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa di Jember, Jawa Timur pada Kamis (16/12/2021). (Dok. BPBD Jember)

Jember - Puluhan bangunan di lima kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 5,1 pada Kamis (16/12/2021) pukul 06.01 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat kerusakan bangunan itu beragam, mulai dari ringan hingga berat.

Berdasarkan data BPBD Jember pada Kamis (16/12/2021) hingga pukul 11.25 WIB, tercatat ada satu unit rumah warga yang rusak berat, lima unit rusak sedang, dan 23 unit rusak ringan. BPBD Jember juga mencatat ada satu bangunan fasilitas umum dan dua fasilitas pendidikan yang ikut terdampak.

Data sementara menyebut tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, tercatat ada empat orang yang mengalami luka-luka.

Sebelumnya dikabarkan bahwa telah terjadi gempa bermagnitudo 5,1 di wilayah Kabupaten Jember pada Kamis (16/12/2021) pukul 06:01:13 WIB. BMKG mencatat, titik episentrum gempa berada di koordinat Lintang 8.55 LS Bujur 113.49 BT atau 42km di barat daya dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Adapun gempa tersebut berdampak di lima kecamatan di Jember. Kevamatan-kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Ambulu, Tempurejo, Silo, Puger, dan Kecamatan Wuluhan.

"Upaya yang dilakukan, BPBD Jember mengirim TRC-PB menuju lokasi kejadian untuk melakukan kaji cepat dan penanganan darurat bencana. BPBD Jember juga melakukan koordinasi bersama Muspika dan relawan untuk melaksanakan kaji cepat," tulis BPBD Jember dikutip dari Instagram resminya.

BPBD Jember juga telah melakukan distribusi bantuan logistik dan masih melakukan penanganan darurat bencana.

"Warga diimbau tetap tenang dan hindari bangunan yang retak atau masak diakibatkan gempa," tutupnya.

Untuk Urbanreaders di wilayah Jember yang membutuhkan informasi darurat bisa menghubungi Call Center di 0812-5970-1797/ 0851-0176-7008, Facebook BPBD Kabupaten Jember, dan juga Instagram @pusdalops_jember.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait