Hot News

Tokyo - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, resmi mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat sore (28/8/2020). Abe seharusnya masih bertugas hingga 2021, namun dia mundur karena kondisi kesehatannya menurun.

"Saya memutuskan mundur dari jabatan perdana menteri. Saya meminta maaf kepada masyarakat Jepang," kata Shinzo Abe dalam konferensi pers seperti dikutip Reuters.

Kabar pengunduran diri Abe pertama kali dilaporkan media lokal, NHK, sejak kemarin. Dalam sepekan, Shinzo Abe, yang kini berusia 65 tahun dilaporkan sudah dua kali pergi ke rumah sakit. Abe mengatakan penyakit kolitis ulserativa yang pernah dia derita kambuh lagi.

Dalam kesempatan yang sama dia mengatakan ingin memberi jalan bagi pemimpin baru untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Jepang, termasuk pandemi virus corona.

Shinzo Abe menjadi pemimpin Jepang terlama yang sudah menjabat hampir 8 tahun. Ini merupakan suatu prestasi yang sanagt besar di negara yang terbiasa dengan pergantian jabatan, terutama yang berada di posisi puncak.

Selama masa jabatannya, Abe telah mengawasi pemulihan Jepang dari gempa bumi yang menghancurkan, tsunami, dan bencana nuklir. Dia juga memulihkan kesehatan ekonomi dan membangun hubungan baik dengan presiden Amerika, Donald Trump.

Komentar

Loading ..