Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

BTS Pegang Paspor Diplomatik Korsel, Apa Saja Fasilitasnya?

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BTS Pegang Paspor Diplomatik Korsel, Apa Saja Fasilitasnya?
Image: Kebersamaan para member BTS. Sumber: Instagram/@bts.bighitofficial

Jakarta - Setelah kolaborasi dengan Coldplay dalam single 'My Universe', BTS kembali menggemparkan publik dengan memperoleh paspor diplomatik Korea Selatan (Korsel).

Ketujuh personel BTS menerima paspor diplomatik yang diberikan Presiden Korsel, Moon Jae In pada Selasa (14/9/2021). Presiden Moon Jae menunjuk BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture.

Umumnya, paspor diplomatik diberikan kepada individu yang akan bepergian ke luar negeri dalam urusan resmi pemerintah. Paspor diplomatik biasanya dimiliki oleh diplomat dan pekerja konsul di luar negeri.

Para pemegang paspor diplomatik mendapatkan berbagai fasilitas dari negara. Kebijakan setiap negara akan berbeda, namun secara umum, berikut merupakan kemudahan yang akan diperoleh BTS seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Pemegang paspor bisa memanfaatkan jalur diplomatik bandara, tidak akan dikenakan penundaan waktu akibat pemeriksaan di bandara.

2. Pemegang paspor memperoleh kekebalan diplomatik yang sudah diatur dalam hukum internasional.

3. Pemegang paspor dibebaskan dari pajak yang mungkin timbul dari segala bentuk perjalanan, baik di darat maupun udara.

4. Pemegang paspor dapat melakukan perjalanan lintas negara lebih leluasa, dengan pengurangan syarat imigrasi di bandara yang signifikan.

5. Pemegang paspor dapat bepergian ke 199 negara tanpa menggunakan visa.

Selanjutnya, BTS dijadwalkan akan terbang ke Amerika Serikat (AS) bersama Presiden Moon Jae sebagai utusan diplomatik pada 19-23 September 2021. Salah satu agenda BTS di sana adalah menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-76, dengan agenda menyampaikan pesan untuk pemuda di seluruh dunia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait