menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Buka Program Kampus Merdeka, Nadiem: UI Bisa Jadi Contoh

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Buka Program Kampus Merdeka, Nadiem: UI Bisa Jadi Contoh
Image: Caption: Dies Natalis ke-71 Universitas Indonesia. (YouTube Universitas Indonesia)

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim secara resmi membuka Center for Independent Learning Universitas Indonesia (CIL UI).

Sekadar diketahui, CIL UI merupakan program atau situs dari Kampus Merdeka. Melalui CIL UI, mahasiswa maupun mahasiswa luar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di luar program studi (prodi) mereka.

Kampus Merdeka yang ada di UI, salah satunya yakni memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah lain hingga maksimal 60 SKS di luar prodi mereka.

Sementara untuk Merdeka Belajar, kegiatannya dapat berupa praktik atau magang. Kemudian proyek di desa, mengajar di sekolah, atau mengikuti kegiatan belajar keluar negeri.

Tujuan adanya kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan dalam mempersiapkan ke dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih prodi yang akan mereka ambil.

"Dengan ini, mahasiswa dapat menemukan minat bakat mereka, sehingga menciptakan kompetensi-kompetensi yang relevan dan inovatif di dunia kerja dan aspirasinya melalui berbagai program," katanya kala memberikan orasi serta membuka CIL UI pada Dies Natalis ke-71 UI, Selasa (2/2/2021).

Dengan adanya Kampus Merdeka, Nadiem berharap perguruan tinggi lainnya dapat mencontoh UI. Sebab, program ini sangat membantu mahasiswa ketika memasuki dunia kerja.

"Saya yakin dan komitmen untuk mendukung Kampus Merdeka UI. Dan setelah dibukanya Center for Independent Learning ini, dapat menjadi contoh perguruan tinggi lainnya," pungkas Nadiem.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati sangat mengapresiasi adanya Kampus Merdeka ini. Di mana mahasiswa dapat belajar secara langsung terkait dunia industri, sebab mahasiswa tidak hanya fokus pada jurusan yang ia ambil.

"Merdeka Belajar ini juga mengajarkan mahasiswa dengan dunia nyata, jadi nggak hanya di kampus saja. Dengan ini diharapkan mereka mampu dan memberikan bekal yang makin lengkap di era tekonologi ini," tandasnya.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait