Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Bukan ‘Bumbu Cinta’ Lagi, Ini 6 Tanda Cemburu yang Nggak Sehat

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bukan ‘Bumbu Cinta’ Lagi, Ini 6 Tanda Cemburu yang Nggak Sehat
Image: Ilustrasi cemburu (Freepik-photoroyalty)

Jakarta - Katanya cemburu adalah ‘bumbu cinta’ yang bikin hubungan jadi lebih menarik buat dijalani. Ada pula yang bilang kalau cemburu adalah bentuk perhatian dan rasa takut kehilangan. Tapi bener nggak sih kalau kecemburuan pasangan bakal bikin hubungan jadi lebih berwarna?

Ada berbagai cara yang dilakukan pasangan buat menunjukkan kecemburuan. Mulai dari ngambek, marah, merasa insecure, hingga mengekang aktivitas pasangan karena merasa tidak percaya padanya.

Sikap tiap pasangan dalam menghadapi kecemburuan juga beda-beda, tergantung sifat dan karakter keduanya. Namun, beberapa bentuk kecemburuan dinilai udah nggak sehat lagi dan bisa bikin hubungan jadi toxic.

Dikutip dari Bustle, relationship expert asal Amerika, Esther Boykin, mengatakan bahwa kecemburuan yang nggak sehat biasanya jarang terlihat saat hubungan masih baru.

Kamu mungkin melihatnya sebagai sikap romantis karena pacar pengen selalu dekat atau kangen terus. Bahkan, kamu justru merasa bahwa dia so into you. Namun, lama kelamaan, sikap ini nggak asik lagi dan jauh dari kata so sweet.

Lantas, apa aja sih tandanya kalau kecemburuan itu udah nggak sehat lagi? Yuk, simak ulasan Urbanasia selanjutnya, ya?

1. Mulai Mengatur

1614221946-pexels-photo-4246239.jpeg-cemburu-pixabay-by-Ketut-Subiyanto.jpegSumber: Ilustrasi pasangan cemburu/Pixabay by Ketut Subiyanto

Menurut Esther, kunci dari rasa cemburu yang sehat adalah pada kesadaran atas perasaan cemburu itu sendiri dan bukan untuk mengatur perilaku orang lain. Artinya, kalau pacar kamu merasa cemburu, dia bisa kok mengungkapkan hal itu sama kamu.

Tapi, kecemburuan mulai nggak sehat kalau dia lantas melarang kamu memiliki teman lawan jenis atau ingin mengecek ponselmu setiap saat. Kecemburuan juga mulai nggak sehat ketika pacar mengatur bagaimana kamu seharusnya berperilaku. Misalnya, harus selalu jawab telepon dari dia, balas chat nggak boleh lama, dan lainnya.

2. Membatasi Pergaulan

1617158813-zodiak-cemburu2---freepik-shurkin-son.jpgSumber: Ilustrasi zodiak cemburu. (Freepik/shurkin son)

Kecemburuan menjadi tidak sehat kalau pacar sudah membatasi pergaulan kamu. Caranya dengan mendominasi waktu luang kamu hanya untuk dia. Kamu nggak punya waktu lagi buat hangout sama teman atau sahabat karena dia selalu ada di seluruh agendamu.

Tanpa kamu sadari, kamu pun mulai jauh dari teman-teman dan bahkan saudara atau keluarga. Alasan yang dipakai pun biasanya terdengar manis, seperti ‘mau memastikan kamu baik-baik aja’, atau ‘mau melindungi kamu dari orang-orang yang cuma manfaatin kamu’.

3. Menuduh Teman-temanmu Nggak Baik

1617158503-zodiak-cemburu---freepik-drobotdean.jpgSumber: Ilustrasi zodiak cemburu. (Freepik/drobotdeab)

Bentuk kecemburuan nggak sehat lainnya bisa muncul sebagai sikap mencurigai hingga menuduh negatif orang-orang di sekitarmu. Dia berusaha meyakinkan kamu bahwa teman-teman kamu punya niat buruk atau modus-modus aja sama kamu.

Dia juga bakal nggak suka sama orang yang terlihat akrab sama kamu, lalu berusaha untuk menjauhkan kamu dari dia. Tentu saja, sikap itu nggak didasari alasan atau bukti yang kuat.

4. Tergantung sama Kamu

1617158699-zodiak-cemburu---freepik-zinkevych.jpgSumber: Ilustrasi zodiak cemburu. (Freepik/zinkevych)

Orang yang cemburuan parah bakal menggantungkan dirinya sama kamu. Mulai dari ketergantungan dalam aktivitas sehari-hari, hingga ketergantungan emosional. Ke mana-mana mesti barengan, menghubungi kamu setiap saat, rutin mengecek keberadaanmu, dan lagi sama siapa aja.

Selain itu, suasana hati dan kestabilan emosinya juga tergantung pada kondisi hubunganmu. Dia bisa uring-uringan nggak jelas kalau nggak ketemu atau nggak berhasil menghubungimu, tapi moodnya bisa berubah seketika kalau berada di dekatmu.

5. Menentang Semua yang Kamu Sukai

1584625689-cemburu.jpgSumber: Ilustrasi cemburu pada pasangan

Kecemburuan yang nggak sehat, nggak cuma sebatas membatasi pergaulan, tapi juga menjauhkan kamu dari kesenanganmu. Tipe pencemburu seperti ini nggak bisa menerima ide bahwa kamu bisa bersenang-senang atau menikmati waktu sendiri tanpa dia.

Misalnya, kamu suka naik gunung atau hiking. Dia akan mencoba membatasi aktivitas itu dengan berkomentar negatif tentang itu, mengolok-olok, bahkan menakut-nakutimu. Intinya cuma satu, biar kamu memusatkan hidupmu sama dia aja.

6. Memonitor Media Sosialmu

1624096564-cemburu---freepik-shurkin-son.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik)

Tanda selanjutnya yang mesti kamu waspadai adalah bagaimana pacar kamu bersikap atas media sosialmu. Kecemburuannya biasanya muncul sebagai keinginan untuk mengecek DM secara rutin, nge-tag kamu dalam setiap unggahan, oversharing hubungan kalian, hingga meminta password semua media sosialmu.

Nah, itu tadi sejumlah tanda yang bisa kamu waspadai dari kecemburuan yang sudah nggak sehat, guys. Ingat, sebuah hubungan seharusnya membahagiakan, bukan malah bikin kamu merasa tertekan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait