menu
user
URstyle

Bukit Doa Tomohon, Wisata Religi di Kaki Gunung Mahawu

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bukit Doa Tomohon, Wisata Religi di Kaki Gunung Mahawu
Image: Bukit Doa Tomohon. (Instagram @like_manado)

Jakarta - Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) dikenal dengan kota sejuta bunga. Namun, apakah kalian tahu jika di kota ini terdapat wisata religi yang sangat sejuk?

Ya, ialah Bukit Doa Tomohon yang terletak di Jalan Lingkar Timur No 99 atau berada di kaki Gunung Mahawu. 

FYI nih guys, sebagian bukit di kawasan Tomohon dan Minahasa diperuntukkan bagi peribadatan umat Kristiani maupun Katolik loh.

Ini termasuk dengan Bukit Doa Mahawu yang dikenal sebagai destinasi wisata religius bagi umat Katolik di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Dimulai dari pemberkatan nikah yang kudus hingga pesta pernikahan bertemakan taman berlangsung di sini. 

Jika Urbanreaders memutuskan berkunjung bersama keluarga, kamu bisa memilih didampingi oleh pastor atau tidak. Pihak Bukit Doa Mahawu akan menyediakan pastor apabila dibutuhkan.

Selain disuguhkan udara yang sejuk, kamu akan mempelajari banyak sejarah Agama Nasrani loh, guys. 

Nah, perjalanan religi dimulai dari menyusuri Jalan Salib yang memiliki 14 perhentian atau yang lebih dikenal dengan via dolorosa. 

1614863648-bukit-doa-tomohon-1.jpgSumber: Bukit Doa Tomohon. (Pinterest/flickr)

Di sini, kamu akan banyak menemukan kisah sengsara Tuhan Yesus di tengah jalan. Pihak Bukit Doa Tomohon memang sengaja agar pengunjung lebih dekat dengan Yesus.

Tak hanya itu, di sini kamu juga akan melihat replika Makam Yesus, pahatan karya Michael Angelo yang menggambarkan Bunda Maria memangku jenazah putra-Nya. 

Kemudian ada pula kapel 'Chapel of Mother Mary' yang melambangkan kapal Nabi Nuh yang terbalik. Kerangka interior kapel juga dianggap sebagai tulang-tulang rusuk manusia. 

Kapel ini sengaja dibuat sedemikian rupa yang mengisahkan Adam dan Hawa yang memulai terlahirnya garis keturunan dan miliaran manusia hingga kini. 

Tulang-tulang rusuk itu digambarkan dengan garis lengkung yang dapat dilihat di atap-atap kapel, yang terbuat dari besi baja. Berjumlah sembilan, bangunan ini mencerminkan angka kesempurnaan hidup yang dimulai dari kesadaran diri, jika manusia memiliki keterbatasan.

Kendati dinamakan Bukit Doa, dengan ornamen Kristiani, pihak pengelola pun memperbolahkan umat agama lain memasuki lokasi wisata untuk melihat langsung isi Bukit Doa.

Ada beberapa spot yang sangat menakjubkan untuk background selfie, seperti di belakang kapel, tepat di atas perbukitan hingga pemandangan Kota Tomohon yang samar tertutup kabut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait