beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Cara Membuat dan Upload Video di YouTube Shorts

Fauzah Thabibah,
4 Maret 2022 13.50.06 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Membuat dan Upload Video di YouTube Shorts
Image: Cara Buat dan upload video di YouTube Shorts/Freepik

Jakarta - YouTube Shorts menjadi salah satu fitur baru yang dibuat YouTube untuk menarik para kreator dalam membuat video singkat seperti TikTok dan Reels di Instagram. Bagaimana cara membuat dan upload video di YouTube Shorts?

Nah, perlu kamu ketahui Youtube Shorts adalah cara kreator untuk terhubung dengan penonton baru hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube. YouTube Shorts memudahkan kamu membuat video berdurasi singkat hingga 60 detik dengan kamera multi-segmen, Guys.

1646376026-foto-4-freepik-youtube-konten.jpgSumber: Cara Buat dan upload video di YouTube Shorts/Freepik

Untuk saat ini, YouTube Shorts memang mengaku tidak berbagi pendapatan untuk para kreator dari iklan yang diputar di video Shorts. Tapi, hal menariknya pihak YouTube mengadakan YouTube Shorts Fund atau Pendanaan YouTube Shorts. Dana yang diberikan sebesar $100 juta atau setara Rp 1,43 triliun untuk kreator yang menghasilkan video paling menarik dan banyak ditonton di YouTube Shorts.

Urbanreaders bisa ikut mendapat kesempatan untuk pendanaan tersebut dengan mulai membuat video Shorts milik kamu sendiri. Berikut Urbanasia kasih tahu cara untuk membuat dan upload video kamu di YouTube Shorts.

Cara buat dan upload video Shorts di YouTube

1.  Login ke aplikasi YouTube.

2.  Ketuk ikon tambah dan pilih ‘Buat Video Shorts’.

3.  Untuk membuat video Shorts berdurasi lebih dari 15 detik, ketuk 15 di atas tombol rekam untuk merekam hingga 60 detik ketuk 60. Catatan: Rekaman yang menggunakan musik dari koleksi YouTube Shorts atau audio asli dari video lain dibatasi maksimal 15 detik, Guys.

1646376039-image-youtube-shots.jpgSumber: Cara Buat dan upload video di YouTube Shorts/Freepik

4.  Untuk merekam klip langsung, tahan tombol rekam atau ketuk tombol tersebut untuk memulai dan ketuk lagi untuk berhenti merekam.

5. Ketuk urungkan untuk menghapus klip video yang telah kamu rekam sebelumnya, atau ketuk ulangi untuk menambahkannya kembali.

6. Ketuk tutup dengan ikon tanda silang lalu pilih ‘Mulai lagi’ atau ‘Simpan sebagai draft’ dan keluar dari kamera. 

7. Ketuk selesai dengan ikon ceklis untuk melihat pratinjau dan memperbaiki video yang kamu buat.

8. Ketuk kembali dengan ikon < untuk kembali ke layar rekaman. Kamu juga dapat mengetuk kembali ikon < setelah mengedit untuk ‘Menghapus hasil edit’ atau ‘Menyimpan sebagai draft’ dan keluar dari editor. Menyimpan draft di tahap ini akan menyimpan semua hasil edit yang kamu buat.

1646376017-foto-3-freepik-youtube-konten.jpgSumber: Cara Buat dan upload video di YouTube Shorts/Freepik

9. Ketuk ‘Berikutnya’ untuk menambahkan detail ke video kamu, Guys. Dari layar ini, tambahkan judul (maks. 100 karakter), dan pilih setelan, seperti privasi video. Catatan: Setelan privasi video default untuk kreator berusia 13–17 tahun adalah pribadi. Jika Urbanreaders berusia 18 tahun ke atas, setelan privasi default untuk video kamu adalah publik. Semua orang dapat mengubah setelan ini untuk menyetel video ke publik, pribadi, atau tidak publik.

10. Ketuk ‘Pilih penonton’ lalu “Ya, video ini dibuat untuk anak-anak" atau "Tidak, video ini tidak dibuat untuk anak-anak" untuk memilih penonton kamu. 

11. Ketuk ‘Upload’ untuk memublikasikan video Shorts kamu.

Itu dia cara untuk membuat dan upload video kamu di YouTube Shorts. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait