Jakarta - Pandemi COVID-19 telah mendorong banyak perubahan pada kehidupan kita, terutama dalam hal pekerjaan. 

Banyak dari kita yang mulai bekerja di rumah atau dikenal dengan Work From Home (WFH), hal positifnya adalah kita mempunyai banyak waktu dengan keluarga.

Namun, ada juga dari kita yang kehilangan pekerjaan ya, Urbanreaders, hal ini karena perusahaan tersebut tidak mampu membayar karyawan dan perekonomian di dunia anjlok.

Nah, selama pandemi, apakah kamu pernah berpikir sebaiknya lebih bagus bekerja di rumah dan memanfaatkan teknologi yang ada? Jika iya, bagaimana sih cara mengubahnya? 

Kamu mungkin tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengubah kariermu? Meskipun tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan itu, ada pedoman yang harus dicari di sepanjang proses pengambilan keputusanmu ya. Terkadang keputusan dipaksakan untuk pilihanmu karena PHK atau cuti.

Berikut tips mengubah karier yang telah dirangkum Urbanasia dari laman Forbes!

1. Membuka Pandangan

Ketika kamu mempertimbangkan untuk pindah dari pekerjaanmu, tetap buka mata terhadap tanda-tanda luar yang datang dari atasan kamu, dan juga intuisi kamu sendiri.  

Jika kamu merasa pekerjaanmu tidak ada jenjang karier, maka sebaiknya lebih baik mengubah pandangan dan memutuskan untuk mencari karier yang baru.

Jangan terburu-buru, sebaiknya kamu awasi sekitarmu dan lihat apakah ada peluang yang bisa kamu ambil untuk kariermu ke depan.

2. Pekerjaan Sampingan

Ketika kamu sudah memulai proyek sampingan. Keluarga dan teman akan mulai meminta pendapatmu tentang sesuatu, atau membeli produkmu. 

Seperti misalnya, kamu mempunyai bakat merajut sweater, itu bisa jadi jawaban. Ya, kamu bisa membuka bisnis kecil-kecilan loh. Dengan demikian, kamu bisa meninggalkan pekerjaan lamamu dan menekuni bakat hingga membuat usaha.

3. Memulai Bisnis

Apakah kamu bermimpi memulai bisnismu sendiri? Jika bingung, kamu dapat mulai dengan meneliti pesaing, menyempurnakan ide, menulis rencana bisnis, dan mengumpulkan presentasi singkat untuk mendapatkan pendanaan potensial di masa mendatang.

Lebih baik, jangan menunda jika kamu mendapat intuisi untuk beranjak dari karier mu saat ini. Apabila kamu sudah mantap dengan keputusanmu, sebaiknya kamu persiapkan mulai sekarang ya!

Komentar
paper plane