beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Catat! Ini 4 Cara Ampuh Kontrol Ego Kamu

Suci Nabila Azzahra,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Catat! Ini 4 Cara Ampuh Kontrol Ego Kamu
Image: Ilustrasi orang yang mampu mengendalikan ego (freepik)

Jakarta - Ada banyak sifat negatif pada diri manusia yang seharusnya nggak dipelihara terus-terusan. Salah satunya adalah sifat egois. Meski mengetahui bahwa sifat ini nggak baik, nyatanya banyak orang yang masih membiarkan dirinya egois

Alhasil, kita menjadi sosok yang minim simpati dan hanya fokus memikirkan diri sendiri. Sedangkan urusan orang lain menjadi hal nomor sekian yang bahkan enggan kita pikirkan. 

But every one of us wants to be a better person, don't we? Kita ingin menjadi teman, saudara, maupun sosok yang bisa mengontrol ego masing-masing. 

Nah untuk mengontrol ego, kamu perlu melakukan 4 cara jitu ini, Urbanreaders. Simak, ya!

1. Jangan Merasa Superior

Memang mengesankan kalau kita punya banyak prestasi. Kita pun harus mensyukuri hal itu. Namun, seirong dengan kesuksesan, biasanya ego akan membuat kita berpikir bahwa kita lebih baik dan lebih hebat dari orang lain. 

Ingatlah bahwa hidup bukanlah tentang menjadi lebih baik dari orang lain, tetapi lebih baik dari diri kita yang kemarin. Jadi tetaplah rendah hati, fokus pada pertumbuhan sendiri, sembari membantu orang lain. Karena di atas langit, masih ada langit.

2. Tak Selalu Harus Menang

Ego selalu memaksa kita untuk menang dan orang lain kalah. Kita benar dan orang lain salah. Ingatlah bahwa di atas langit masih ada langit. Kekalahan bukan berarti membuat kita menjadi manusia yang tidak berharga. 

Begitu pula dalam perdebatan, ingatlah bahwa kita bisa saja salah. Biasanya meskipun kita tahu bahwa orang lain salah, terkadang kita juga perlu mengalah. Tanyakan pada dirimu: ‘Apakah ini masalah besar?’ atau ‘Apakah ini penting untuk jangka panjang?’

3. Tahu Kapan Harus Berhenti

Ego itu tidak pernah puas. Nggak peduli berapa banyak yang kita peroleh, ego akan senantiasa ingin mendapatkan lebih dan membuat kita senantiasa ingin terus membuktikan diri. 

Bukan berarti kita harus berhenti bertumbuh dan tidak mau punya goal baru. Tetapi, berhentilah saat hal-hal tersebut mulai memberikan dampak buruk pada diri sendiri. Lalu gimana caranya? Just listen to your inner voice!

4.  Lepaskan Keinginan untuk Mengendalikan Hidup

Ego selalu ingin mengontrol segala sesuatu dalam hidup ini, bahkan hal-hal kecil sekali pun. Ingatkan diri tentang apa yang ada di dalam kendali dan apa yang ada di luar kendali. 

Itulah 4 cara jitu mengontrol ego yang harus kamu tahu, Urbanreaders. Jadilah pribadi yang dewasa dalam bertindak, jangan sampai ego mengendalikan hidupmu. Selamat berbahagia!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait