Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Cegah COVID-19, Area Komersial Bandara Juanda Terapkan Protokol Kesehatan

Nivita Saldyni,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cegah COVID-19, Area Komersial Bandara Juanda Terapkan Protokol Kesehatan
Image: istimewa

Sidoarjo - Urbanreaders, Bandara Internasional Juanda di Kota Surabaya, Jawa Timur kini telah menerapkan protokol kesehatan di area komersial loh, khususnya di area mitra usaha. Jadi nggak perlu ragu lagi deh kalau mau dine in atau belanja di area komersial.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P). Heru Prasetyo mengatakan protokol kesehatan ini merupakan tindak lanjut upaya pihaknya untuk mencegah penyebaran COVID-19 pada masa normal baru. Penerapannya pun dilakukan bertahap sejak Juni 2020 lalu.

"Penerapan protokol kesehatan ini dimulai dari penerapan operasional penumpang serta area mitra usaha dan mitra kerja di Bandar Udara Internasional Juanda," kata Heru dikutip dari Antara, Rabu (8/7/2020).

Nah, seluruh mitra kerja dan usaha di Bandara Juanda telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat nih guys. 

Mulai dari menyiapkan fasilitas kesehatan bagi pelanggan dan pekerja, penggunaan alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan, dan face shield bagi seluruh pekerja mitra usaha, pemeriksaan suhu tubuh pekerja sebelum memulai aktivitas, sampai berganti seragam kerja di bandara.

"Dimulai dari menyiapkan fasilitas kebersihan yaitu alat sterilisasi (sinar UV), cairan disinfektan (untuk pembersih meja dan lantai), dan penyediaan tempat cuci tangan atau cairan antiseptik," kata Heru.

1594184412-penggunaan-alat-sterilisasi-sinar-UV-pada-area-tempat-makan-bandara-juanda.jpgSumber: "Area komersial Bandara Juanda telah terapkan protokol kesehatan yang ketat/Humas Bandara Internasional Juanda"

Nah khusus pramusaji, kasir dan juru masak ada perlengkapan wajib lainnya juga nih. Yaitu wajib mengenakan kartu ID bandara, sarung tangan, celemek, penutup kepala, seragam, dan sepatu.

Selain itu, physical distancing antar tamu juga tetap diterapkan dengan pembatasan tempat duduk guys.

"Untuk area komersial layanan makan di tempat telah diatur maksimal 50 persen dari kapasitas dengan pengaturan jarak antar meja 1,5 meter. Tak lupa kami juga menganjurkan kepada para mitra usaha agar menyediakan alat pembayaran non tunai untuk meminimalkan kontak langsung," pungkasnya.

Heru menegaskan, upaya ini dilakukan pihaknya untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan bahwa Bandara telah menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Kenyamanan, keselamatan, dan keamanan pengguna jasa adalah hal utama yang menjadi perhatian kami. Mengingat era new normal penerbangan sudah diterapkan, kami pun beradaptasi. Semoga dengan upaya-upaya ini, pengguna jasa tidak merasa khawatir untuk dapat singgah dan berbelanja di gerai-gerai yang kami sediakan," imbuhnya.

Hal ini pun mendapat dukungan dari para mitra usaha di sana, salah satunya Budi Utomo. Budi bahkan mengaku telah melakukan rapid test untuk pegawainya, sehingga kesehatan pekerja yang melayani kamu pasti terjamin.

"Kami mengikuti SOP protokol tatanan normal baru yang telah diberikan PT Angkasa Pura I (Persero). Kami juga berinovasi dengan menyediakan alat pengukur suhu tubuh otomatis dan cairan pembersih tangan tanpa sentuhan. Tak lupa seluruh pegawai telah kami lakukan rapid test untuk menjamin kesehatan pekerja dan memberikan rasa aman bagi pelanggan," pungkasnya.

Nah kalau Urbanreaders sendiri udah sempat mampir ke gerai-gerai yang ada di area komersial Bandara Juanda selama masa transisi new normal ini belum? Area komersial Bandara Juanda telah terapkan protokol kesehatan yang ketat/Humas Bandara Internasional Juanda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait