menu
user
URtainment

Cerita Rifan Susanto, Kreator TikTok Seni Selotip Wajah Tokoh Publik

Eronika Dwi,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cerita Rifan Susanto, Kreator TikTok Seni Selotip Wajah Tokoh Publik
Image: Seni Selotip Wajah Tokoh Publik. (Foto: Doc. Pribadi Rifan Susanto)

Jakarta - Tak bisa dipungkiri kalau kehadiran media sosial, termasuk TikTok, telah membuka potensi kreativitas yang dimiliki banyak anak muda.

Nah, hal itulah yang dilakukan salah satu kreator TikTok @rivantelminthes. Laki-laki bernama lengkap Rifan Susanto itu menyalurkan bakatnya dalam membuat karya masking tape art atau seni selotip.

Di akun TikTok-nya, Rifan membuat masking tape art dengan wajah sejumlah tokoh publik Indonesia, seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden ke-3 BJ Habibie, Raffi Ahmad dan lain sebagainya.

1616407273-Seni-Selotip-Wajah-Tokoh-Publik.jpgSumber: Seni Selotip Wajah Tokoh Publik. (Foto: Doc. Pribadi Rifan Susanto)

Video TikTok-nya pun sudah diikuti oleh 78,7 ribu lebih pengguna, dan mendapat 1,8 juta lebih like.  

Dikatakan Rifan, membuat karya masking tape art itu baru ditekuninya sejak sekitar satu bulan lalu. Namun, sebelumnya dia memang sudah memiliki hobi ukir sejak lama.

"Sebenarnya kalo hobi ukir udah lama, dulu seringnya ukir sendal swallow, kalo masking tape art baru mencoba sekitar satu bulan yg lalu, soalnya baru tau juga ada seni kaya gitu," kata Rifan susanto saat dihubungi Urbanasia, Senin (22/3/2021).

"Dari dulu suka kerajinan tangan, dari bahan bekas gitu, ukir sandal swallow," kata Rifan lagi.

Dalam membuat masking tape art sendiri, Rifan menyebut terinspirasi dari kreator TikTok asal Philipina bernama akun @jomxxx.

Meski sering mendapat 'pesanan' dari para pengikut media sosialnya, Rifan mengaku belum terpikir untuk memperjualbelikan karyanya.

"Sebenarnya banyak banget yang mau pesen, pesan langsung (dm) Instagram atau komen di video saya, tapi belum saya tanggapi, soalnya masih sekolah juga, kelas 12, takutnya nanti mengganggu persiapan masuk perguruan tinggi," ungkapnya.

Namun, dia mengaku pernah menerima pesanan sekali untuk kado suami kepada istrinya yang tengah hamil anak kedua.

"Tapi kemarin sempet menerima pesanan sekali, untuk hadiah istri hamil anak kedua, itung-itung buat nyenengin pasutri (pasangan suami istri)," ungkapnya lagi.

Menyalurkan karyanya di TikTok, Rifan mengaku ingin memotivasi pengguna lain, sehingga platform TikTok banyak diisi kreator yang memiliki kreativitas tinggi.

"Supaya platform TikTok  juga diisi kreator-kreator yang punya kreativitas tinggi, bukan hanya sekedar joget-joget karena masih banyak orang yang mindset tentang TikTok itu buruk, alay dll, padahal masih banyak juga konten-konten yang bermanfaat," kata Rifan.

Cara Membuat Masking Tape Art atau Seni Selotip ala Rifan

1616407180-Seni-Selotip-Wajah-BJ-Habibie.jpegSumber: Seni Selotip Wajah Tokoh Publik. (Foto: Doc. Pribadi Rifan Susanto)

Diungkap Rifan, karyanya itu dia buat menggunakan alas kaca yang ditumpuk dengan selotip. Kemudian, alas kaca yang ditumpuk tadi digambar dan diukir menggunakan cutter.

Setelah itu, Rifan membeberkan, hanya tinggal disesuaikan saja tebal tipisnya.

"Bahannya cuma selotip kertas dan kaca, untuk alatnya cutter, gunting dan pensil + penghapus," beber Rifan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait