beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Cerita The Rain Pertahankan Komitmen dalam Berkarya Selama 20 Tahun

Naura Aufani Zalfa,
19 Januari 2022 16.57.56 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cerita The Rain Pertahankan Komitmen dalam Berkarya Selama 20 Tahun
Image: Band The Rain. (Dok. Urbanasia)

Jakarta -  Grup musik Indonesia The Rain belum lama ini merilis lagu bertajuk 'Terjebak Bersama', Rabu (15/12/2021).

Lagu tersebut seiring dengan perayaan 20 tahun perjalanan karier The Rain. Yaps, pada akhir Desember 2021, grup asal Yogyakarta itu merayakan 20 tahun perjalanan karier mereka. 

Sejak awal berdiri hingga saat ini, The Rain konsisten beranggotakan empat personel, yakni Indra Prasta (vokal utama, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal), dan Aang Anggoro (drum, vokal).

Setelah 20 tahun berkarya, para personel The Rain telah melewati berbagai fase. Mulai dari fase baik hingga terburuk.

“Tiap tahun ada aja, ya. Tapi kalau dibilang fase, mungkin ada fase baik, fase buruk, baik banget, buruk lagi, alhamdulillah kami tidak pernah menyerah. Masih bertahan sampai sekarang,” ujar The Rain saat berkunjung ke kantor Urbanasia, Selasa (18/1/2022).

Salah satu fase terburuk yang mereka alami terjadi pada 2008 - 2009. Personel The Rain' mengatakan, saat itu mereka mulai kebingungan dan terus mencari jalan.

“Salah satu fase terberat mungkin satu dekade lalu. Sekitar tahun 2008 - 2009, kita waktu itu posisinya sudah pindah dari Jakarta. Kita ngontrak rumah bareng, tinggal bareng bersama personel, termasuk kru dan manajemen. Jadi serumah semua. Tapi tau-tau kontrak kita dengan label tidak diperpanjang. Manajer kita juga hilang. Nah, di situ mulai luntang lantung nggak jelas ke mana arahnya tapi ternyata masih ada jalan,” tambah The Rain.

Tidak mudah untuk melewati fase buruk yang mereka alami, terutama setelah The Rain menjadi band independen pada 2013 lalu. 

Mereka harus memiliki komitmen yang kuat agar The Rain terus bertahan. Untungnya, The RainKeepers, sebutan fans dari band The Rain, selalu menyemangati mereka.

“Salah satunya dari The RainKeepers, mereka suka nanya ‘Album baru mana’ terus jadi kita semangat lagi,” ungkap The Rain. 

“Terutama setelah kita memutuskan menjadi band independen tahun 2013. Tanggung jawabnya jadi lebih besar dan komitmennya jadi lebih teruji, karena kalau kita nggak bergerak, ya, bandnya nggak bergerak. Nah, di situ masuk ke fase baru. Buat kita itu adalah fase mandiri yang mendewasakan,” pungkas The Rain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait