Jakarta - Buat cewek, payudara adalah bagian tubuh yang sangat berharga, bahkan sering jadi penentu kepercayaan diri. Sebagai organ tubuh yang memiliki daya tarik seksual, payudara sering jadi bagian yang diperhatikan, baik dari sisi perawatan maupun kesehatan.

Payudara adalah organ tubuh yang tidak memiliki jaringan otot, karena terbentuk dari jaringan lemak. Jaringan yang berperan dalam mempertahankan anatomi payudara adalah jaringan ikat dan ligamen. Karena itu bentuk payudara tiap orang akan berbeda. Bahkan, payudara sebelah kanan dan kiri pun memiliki bentuk yang tidak sama.

Dari sisi cewek sendiri, bentuk payudara yang dianggap sempurna, bisa berbeda-beda. Karena itu, nggak heran kalau ada banyak mitos dan fakta seputar payudara. Apa saja, sih? Yuk, simak ulasannya!

1. Ukuran dan Bentuk Payudara Kanan dan Kiri Berbeda

1602569574-mitos-payudara2.jpgIlustrasi. (Freepik)

Pernah dengar ada yang berkomentar bahwa payudara seseorang besar sebelah? Faktanya, perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri itu normal, guys. Bahkan, 80% cewek memiliki ukuran payudara yang tidak sama besar. Asalkan perbedaannya tidak terlalu mencolok, seperti payudara kiri berukuran B, sementara payudara kanan berukuran C, maka perbedaan bentuk dan ukuran masih dikategorikan normal, kok.

2. Makin Besar Payudara, Makin Banyak Produksi ASI

1602569620-mitos-payudara3.jpgIlustrasi. (Freepik)

Nah, kalau yang satu ini sih mitos aja, guys. Faktanya, produksi ASI tidak ditentukan oleh ukuran payudara kamu. Produksi ASI dipengaruhi oleh seberapa sering ASI diberikan kepada bayi. Makin sering bayi minum susu dari ibunya, maka makin banyak jumlah ASI yang dikeluarkan.

3. Tidur Tengkurap Bakal Bikin Payudara Rata

1602569669-mitos-payudara.jpgIlustrasi. (Freepik)

Beberapa dari kamu mungkin pernah dilarang untuk tidur tengkurap, karena akan bikin payudara jadi rata. Ini juga mitos, guys. Faktanya, tidur dengan posisi tengkurap akan membuat payudara kamu tertekan dan kamu bakal merasa kurang nyaman. Tapi, bentuknya tidak akan berubah.

4. Tidur Tanpa Bra Bikin Payudara Kendur

1602569705-mitos-payudara5-(1).jpgIlustrasi. (Freepik)

Banyak anggapan bahwa tidur braless bisa bikin payudara kendur. Ini juga mitos, guys. Faktanya, justru tidur tanpa bra sangat disarankan karena akan membuat kamu lebih nyaman dan rileks. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat peredaran darah jadi lebih lancar.

5. Payudara yang Sering Diremas Akan Lebih Besar

1602569740-mitos-payudara6.jpgIlustrasi. (Freepik)

Lagi-lagi ini juga mitos. Ukuran payudara ditentukan oleh hormon dan gen masing-masing orang. Artinya, kalau kamu lahir dari keluarga yang berpayudara besar, maka kemungkinan kamu juga akan berpayudara besar. Selain itu, kadar hormon kewanitaan dalam tubuhmu juga akan berpengaruh pada ukuran payudara, guys.

Meremas payudara, tidak akan membuat ukuran payudara bertambah besar, namun membuat payudara terasa lebih penuh. Hal ini dikarenakan rangsangan tersebut membuat aliran darah meningkat ke payudara, sehingga akan terlihat membesar sementara.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan yang mana mitos dan yang mana faktanya? Yang penting, kamu selalu menjaga kesehatan dan kebersihan payudara kamu, guys. Biasakan untuk ‘Sadari’, yaitu periksa payudara sendiri, agar kamu bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker

Komentar
paper plane