beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Cina Kirim Pasukan Militer ke Rusia, Ada Apa?

William Ciputra,
19 Agustus 2022 17.59.38 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cina Kirim Pasukan Militer ke Rusia, Ada Apa?
Image: Ilustrasi - Militer Cina. (Reuters via Al Jazeera)

Jakarta - Pemerintah Cina mengirim pasukan militernya ke Rusia. Pengiriman pasukan ini dimaksudkan untuk menggelar latihan perang bersama dengan negara Beruang Merah tersebut.

Latihan perang bertajuk ‘Vostok’ itu akan digelar pada 30 Agustus hingga 5 September 2022 mendatang. Beberapa negara lain juga bakal turut serta dalam latihan ini.

Kementerian Pertahanan Cina menjelaskan, latihan militer ini bertujuan untuk memperdalam kerja sama yang praktis dan bersahabat di antara negara-negara peserta. 

“Latihan ini juga untuk meningkatkan kolaborasi strategis di antara para pihak yang berpartisipasi dan memperkuat kemampuan untuk menanggapi berbagai ancaman keamanan,” ujarnya dikutip dari Al Jazeera, Kamis (18/8/2022).

Selain Rusia dan Cina, latihan perang akan diikuti beberapa negara lain seperti India, Belarusia, Mongolia, Tajikistan, dan sejumlah negara lain. 

Hubungan Cina dan Rusia terus menguat sejak kedua negara dipimpin oleh Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin. Cina sendiri dalam tekanan Barat terkait sikapnya dalam konflik Ukraina-Rusia. 

Tahun lalu, Rusia dan Cina juga terlibat dalam latihan militer yang melibatkan lebih dari 10.000 pasukan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait