Hot News

Jakarta - Belum lama ini, Samsung kembali merilis perangkat earbuds True Wireless Stereo (TWS) terbaru. Namanya Galaxy Buds Live.

Pertama kali melihat bentuk earbuds terbaru Samsung ini, saya langsung teringat kacang merah. Tampilannya memang mirip sekali hanya saja ukurannya lebih besar.

Samsung mengklaim, desain unik ini memungkinkan earbuds tidak keluar dari telinga. Desainnya juga ergonomis dan tip-less mengikuti lekuk telinga.

Jadi, kamu yang memakai Galaxy Buds Live akan merasa lebih nyaman sekaligus lebih aman dari risiko terjatuh dari telinga.

Tak heran kalau banyak orang bilang desan Galaxy Buds Live ini unik banget. Jadi pingin banget nyobain kan.

Selain desainnya yang mendobrak dari yang sudah-sudah, Galaxy Buds Live ini juga membawa fitur yang paling dinantikan dalam sepasang earbuds.

Apalagi kalau bukan Active-Noise Cancellation (ANC). Dengan fitur ini, pengguna Galaxy Buds akan bisa menerima informasi dengan jelas dan jernih.

Earbuds ini juga mendukung opsi pengaturan termasuk sound equalizer, kontrol sentuh, dan fitur Find My Earbuds. Duh benar-benar nggak sabar untuk menjajal kemampuannya nih.

Dan kebetulan, Urbanasia berkesempatan mencoba TWS terbaru Samsung yang dibanderol Rp 2,5 jutaan ini guys. Seperti apa reviewnya? Disimak terus ya.

Desain

Dari tiga warna yang tersedia yaitu bronze, white dan black, Urbanasia berkesempatan mencoba yang black. Case Galaxy Buds Live berbentuk kotak persegi.

Di bagian belakang, terdapat port Type-C untuk mengisi daya baterai simpanan. Kalau dibuka, kedua earbudsse tampak seperti sayap kupu-kupu.

Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kalau kamu lagi nggak bawa tas, tempat earbuds itu bisa masuk kantong tanpa mengganggu.

Menurut keterangan Samsung, desain perangkat earbuds terbaru ini disusun secara horizontal, bukan vertikal. Hal inilah yang menghasilkan desain yang lebih ergonomis.

1600247146-Samsung-Galaxy-Buds-Live.jpgSamsung Galaxy Buds Live. (Dok. Urbanasia)

Dan jika biasanya sebuah earbuds memiliki pucuk untuk dicantolkan di lubang telinga, nah Galaxy Buds Live nggak punya guys. Saya pun sempat agak aneh waktu memakainya.

Tapi ternyata setelah dipakai, earbuds ini bisa ‘menempel’ di telinga dengan kuat. Saya coba memakainya sambil beraktivitas, masih awet saja kok menempelnya.

Di bagian atas earbuds terdapat dua mata tembaga magnet untuk pengisian daya. Sementara lubang speaker terdapat di bagian bawah dengan sensor deteksi pemakaian.

Dengan tidak memiliki pucuk speaker, pengguna masih bisa mengawasi lingkungan sekitar saat mendengarkan musik dan menonton video di perjalanan. Jadi lebih aman.

Nah biar suara di sekitar nggak terlalu bising, kamu bisa mengaktifkan fitur ANC. Fitur ini, akan bekerja fokus untuk menyamarkan bising di sekitar.

Meski desainnya unik, namun ternyata untuk pemilik daun telinga yang kecil, desain ini agak kurang pas ya. Karena itu, Samsung membekali Galaxy Buds Live dengan wingtip.

Wingtip ini bisa dipasang di bagian atas untuk menyesuaikan dengan bentuk daun telinga. Jadi kamu yang punya telinga kecil bisa tetap nyaman memakai Galaxy Buds Live.

Meski tidak didesain untuk tahan kelembaban, earbuds terbaru Samsung ini cukup aman jika terkena tetesan air loh guys. Kalo cuma gerimis tipis, nggak perlu khawatir lah.

Fitur Beragam

Fitur di Galaxy Buds Live terbilang cukup beragam. Selain fitur ANC, ada juga fitur Ambient yang memungkinkan pengguna bisa mendengar suara sekitar tapi tak menambah noise.

Ada juga fitur yang memungkinan earbuds membaca notifikasi yang masuk ke smartphone. Dan yang tak kalah penting adalah fitur Find My Earbuds.

Fitur ini berguna buat kamu yang pelupa atau suka menaruh barang sembarangan. Atau bisa juga membantu kamu kalau earbuds kamu jatuh atau hilang.

Fitur ini hanya bisa digunakan jika earbuds sedang tidak digunakan. Jika dinyalakan, earbuds akan mengeluarkan suara beep.. beep.. yang cukup nyaring.

Kalau mau dipakai, matikan dulu ya fitur Find My Earbuds. Kalau tidak, telingamu mungkin akan sakit karena suaranya sangat keras.

1600247553-Samsung-Galaxy-Buds-Live-(3).jpgSamsung Galaxy Buds Live. (Dok. Urbanasia)

Ada juga fitur Touch Control yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan earbuds tanpa harus membuka smartphone.

Kontrol sentuh di antaranya adalah sentuh sekali untuk memulai atau menunda lagu atau video, double tap untuk lagu atau video selanjutnya atau mengangkat dan mematikan telepon.

Dan triple tap atau sentuh tiga kali pada earbuds kiri atau kanan untuk memutar lagu atau video sebelum atau setelahnya, dan sentuh dan tahan untuk menolak panggilan.

Semua kontrol sentuhan ini bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bisa mengubah fungsi single tap untuk voice command atau mengubah volume.

Kamu juga bisa memberikan kontrol berbeda untuk masing-masing earbuds di kiri dan kanan. Tapi untuk lebih praktisnya, kamu perlu mendownload aplikasi Galaxy Wear ya.

Performa

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Buds Live didukung oleh kualitas audio AKG dengan speaker 12mm dan bass duct yang lebih besar.

Hal ini membuat earbuds bisa mengeluarkan suara yang sangat jelas dan kaya, meski saat tidak mengaktifkan ANC atau fitur Ambient.

Untuk daya tahan baterai, Galaxy Buds Live memiliki kapasitas sebesar 60 mAh pada masing-masing earbuds. Bisa dipakai selama enam jam non-stop loh.

Sementara cangkangnya memiliki baterai 472 mAh, yang bisa menambah daya earbuds hingga 15 jam selanjutnya.

1600247781-Samsung-Galaxy-Buds-Live-(2).jpgSamsung Galaxy Buds Live. (Dok. Urbanasia)

Kamu juga bisa menggunakan Galaxy Buds Live untuk merekam audio di smartphone secara wireless.

Perangkat ini juga punya fitur Buds Together yang memungkinkan kamu mendengarkan lagu atau menonton video dengan dua pasang earbuds lewat satu smartphone.

Wah seru nih, bisa nobar sama pasangan tanpa rebutan earbuds dong ya?

Pairing Mudah

Galaxy Buds Live ini tidak hanya bisa digunakan di ponsel Samsung aja loh guys. Kamu bisa mengoneksikannya di ponsel Android, iPhone bahkan ke laptop. Cara pairing-nya pun gampang banget.

Kamu tinggal menggunduh aplikasi Galaxy Wearable (Android) dan Galaxy Buds (iOS). Setelah terinstal jalankan aplikasi tersebut diikuti dengan membuka case Galaxy Buds Live.

Pada aplikasi tekan Add New Device, kemudian tekan Scan for Nearby Device. Aplikasi akan memindai perangkat di sekelilingnya, tekan pilihan Galaxy Buds Live bila sudah tampil di layar. Ikuti langkah yangh mucul, dan Galaxy Buds Live siap digunakan.

Oh iya, lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan sejumlah pengaturan. Ada untuk memilih Equalizer, mengecek baterai case dan buds serta lainnya.

Kesimpulan

Galaxy Buds Live punya banyak fitur yang tidak dimilik TWS lain. Terutama dalam aspek kontrol perangkat.

Selain desainnya lain dari pada yang ada di pasaran,  saya suka perangkat ini memungkinan saya untuk tetap waspada dengan sekitar namun suara yang dihasilkan tetap jernih.


Loading ..