menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Rongga Mulut, Ini Solusi dari Pepsodent

Eronika Dwi,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Rongga Mulut, Ini Solusi dari Pepsodent
Image: Webinar Pepsodent Active Defense Mouthwash. (Foto: Unilever Indonesia)

Jakarta - Hasil studi in vitro menunjukkan bahwa formulasi 'Pepsodent Active Defense Mouthwash' teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 (virus corona) hingga 99,9 persen

Teknologi CPC sudah sejak lama digunakan di industri dental dan dikenal memiliki sifat antibakterial.

'Pepsodent Active Defense Mouthwash' berpotensi untuk semakin melindungi kesehatan keluarga Indonesia di tengah pandemi sebagai pelengkap anjuran 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

"Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi–tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut," kata Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, Drg. Ratu Mirah Afifah, dalam konferensi pers virtual 'Pepsodent Active Defense Mouthwash', Selasa (8/12/2020).

"Sebagai brand yang selalu berupaya melindungi senyum sehat keluarga Indonesia melalui berbagai inovasi, kami berharap keunggulan dari Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC dapat merawat kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjadi cara tambahan yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19," lanjutnya.

1607421442-WhatsApp-Image-2020-12-08-at-15.07.41-(1).jpegSumber: Unilever Indonesia

Inovasi ini menjadi relevan mengingat total kasus positif COVID-19 di Indonesia telah menembus angka 550.000, dengan angka kematian tertinggi di Asia Tenggara, yaitu lebih dari 17.500 orang .

Berbagai upaya tengah dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang mengguncang semua pihak ini, dan Pepsodent ingin ikut berperan untuk menjadi bagian dari solusi.

Terlebih karena banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus.

Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen penyebaran virus corona berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita.

"Mengurangi jumlah virus di mulut dipercaya dapat membantu mengurangi penularan. Berbagai temuan menunjukkan bahwa mouthwash berpotensi menjadi tambahan penting untuk tindakan perlindungan sehari-hari lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan mengenakan masker," jelas Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Tritarayati.

Untuk turut berperan dalam membantu mengurangi transmisi COVID-19, Pepsodent akan mendonasikan produk ini ke sejumlah Rumah Sakit rujukan dan Wisma Atlet Kemayoran.

Dalam pelaksanaannya, Pepsodent bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), dan Gerakan Pakai Masker (GPM).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait