menu
user
URtainment

Cuitan soal Royalti Hak Cipta Tuai Kritikan, Julian Jacob Minta Maaf

Eronika Dwi,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cuitan soal Royalti Hak Cipta Tuai Kritikan, Julian Jacob Minta Maaf
Image: Julian Jacob. (Instagram @julianjacs)

Jakarta - Julian Jacob minta maaf terkait cuitannya yang membahas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau musik, yang telah disahkan Presiden Joko Widodo. 

Dalam cuitan sebelumnya, Julian membebaskan siapa saja untuk memutar lagunya di tempat umum tanpa perlu membayarkan royalti. 

"Untuk supermarket, hotel, toko kecil, warung, kuli bangunan yang lagi kerja, atau siapapun yang ingin puter lagu saya ditempat publik. Dipersilahkan memutar sepuas hati tanpa perlu kasih royalti ke saya. Karna dengan itu saja saya merasa karya saya diapresiasi. thx," tulis Julian, dikutip Urbanasia, Kamis (8/4/2021). 

Namun, rupanya cuitan tersebut menuai banyak kritik pedas. Salah satunya datang dari musisi Anji, yang menyebut bahwa pernyataan Julian itu berpotensi menyesatkan masyarakat.

"Dear @julianjacs , gak gitu maksudnya PP 56 tahun 2021. Jika seperti ini bisa missleading. Bahayanya, pernyataan ini diamini beberapa Musisi juga. TOKO KECIL, WARUNG, KULI BANGUNAN YANG LAGI KERJA atau SIAPAPUN tidak harus membayar royalti. Bukan begitu maksud dari PP 56 tahun 2021," tulis Anji di Instagram-nya.

"Jika Musisi seperti @julianjacs dan beberapa lainnya yang ada di kolom komentarnya atau yang me-repost posting-annya beranggapan seperti ini, pantas saja banyak orang awam protes," sambungnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji)

Sadar apa yang dikatakannya menjadi kontroversi, kekasih Brisia Jodie itu menyampaikan permintaan maaf. Dia menyadari bahwa pernyataannya mengenai PP Nomor 56 Tahun 2021 sudah membuat publik menjadi salah paham. 

"Dengan segala hormat, Saya meminta maaf atas cuitan saya yang ternyata bersifat misleading / salah paham kepada beberapa pihak," kata Julian. 

Julian mengatakan bahwa di cuitan sebelumnya, dia hanya ingin menyuarakan apa yang ada di hatinya. Dia juga menegaskan tidak berniat untuk menyudutkan siapapun. 

"Tujuan saya hanya ingin menyuarakan hati dari apa yang saya dan teman-teman rasakan dan tidak berniat untuk menyudutkan siapapun," lanjutnya. 

1617860730-Cuitan-Minta-Maaf-Julian-Jacob.jpgSumber: Cuitan Minta Maaf Julian Jacob. (Tangkapan Layar Twitter @JulianJacs1794)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait