menu
user
URnews

Cuti Bersama 12 Maret Dihapus, ASN DKI Jakarta Dilarang ke Luar Kota

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cuti Bersama 12 Maret Dihapus, ASN DKI Jakarta Dilarang ke Luar Kota
Image: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (arizapatria/Instagram)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta  tidak liburan ke luar kota di tanggal 12 Maret 2021 mengingat cuti bersama tanggal 12 Maret setelah libur Isra Miraj dihapus. 

"Dan kita mengantisipasi libur tanggal 11-12 dan alhamdulillah pemerintah pusat sudah mengambil kebijakan tidak ada cuti bersama di jeda cuti bersama. Kami minta aparat ASN, khususnya di Pemprov tetap masuk," tegas Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/3/2021) kepada wartawan.

Diketahui, Pemerintah awalnya akan memberikan cuti bersama pada 12 Maret, sehingga libur Isra Miraj pada Kamis pekan depan bisa diteruskan hingga libur Nyepi pada Ahad, 14 Maret 2021 namun hal tersebut dibatalkan.

Pria yang akrab disapa Ariza ini meyakini langkah yang diambil pemerintah saat ini sudah tepat, khususnya dalam mengendalikan penyebaran virus COVID-19. Dia pun mengingatkan agar ASN khususnya di Pemprov DKI tak pergi ke luar kota.

"Tidak boleh libur ke luar kota. Termasuk di Jumat tanggal 12 (Maret)," ujarnya.

Pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) telah menentukan libur nasional dan cuti bersama yang dapat diikuti masyarakat. Kini, pemerintah hanya menetapkan dua hari sebagai cuti bersama dari awalnya tujuh hari.

Alasan pengurangan cuti bersama salah satunya disebabkan kurva peningkatan COVID-19 yang belum landai. Angka kasus cenderung meningkat dan angka mobilitas tinggi selama libur panjang.

"Pemerintah perlu meninjau kembali cuti bersama yang berpotensi mendorong terjadinya arus pergerakan orang sehingga penularan meningkat. Sekali lagi ditegaskan, cuti bersama 2021 dipotong 5 hari dari 7 hari," jelas Menko PMK Muhadjir Effendy pada Senin (1/3/2021) lalu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait