beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pamer Tak Impor Beras 3 Tahun Terakhir

William Ciputra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pamer Tak Impor Beras 3 Tahun Terakhir
Image: Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR 2022. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah pencapaian yang berhasil dicapai oleh pemerintahannya dalam beberapa tahun terakhir dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022). 

Salah satu yang disinggung Jokowi adalah keberhasilan Indonesia pada bidang pangan. Menurutnya, sudah 3 tahun negara ini tidak impor beras. 

“Untuk konsumsi beras, kita sudah tidak lagi impor dalam 3 tahun terakhir. Untuk beras konsumsi,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin. 

Jokowi menerangkan, produktivitas di sektor pangan secara nasional meningkat karena beberapa faktor, seperti pembangunan bendungan dan sistem irigasi yang terus diperbaiki. 

Bahkan, kata Jokowi, pencapaian di bidang pangan itu diakui secara internasional dengan diperolehnya penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) beberapa waktu lalu. 

“Alhamdulillah, kita baru saja memperoleh penghargaan dari IRRI yang disaksikan oleh FAO, karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019,” tegasnya. 

Selain sektor pangan, Jokowi juga memaparkan keberhasilan pemerintah di bidang tambang. Ia juga menegaskan komitmen untuk menggalakkan green energy di masa mendatang. 

Dalam kesempatan kali ini, Presiden mengenakan pakaian adat Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pakaian adat yang dikenakan Presiden berwarna dominan hijau dengan motif ‘pucuk rebung’. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait