Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Digelar Mulai 7 November, CFD di Kota Surabaya Dibuka Secara Bertahap

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Digelar Mulai 7 November, CFD di Kota Surabaya Dibuka Secara Bertahap
Image: CFD di Surabaya sebelum pandemi COVID-19 (Humas Pemkot Surabaya).

Surabaya - Urbanreaders di Surabaya, mulai 7 November 2021 mendatang, kegiatan Car Free Day (CFD) kembali dibuka. Pembukaan kembali kawasan CFD ini dilakukan secara bertahap, dimulai dengan kawasan Jalan Kembang Jepun.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo. Ia mengatakan, CFD Jalan Kembang Jepun bisa dibuka karena sudah diasesmen oleh Satgas COVID-19 Surabaya. 

"Nanti kami akan mulai bulan November 2021. Jadi sudah ada asemen dari Tim Satgas COVID-19 Surabaya untuk mengatur prokes di sana," kata pria yang akrab disapa Anang itu.

Pemilihan kawasan Jalan Kembang Jepun sendiri bukan tanpa alasan. Anang mengatakan, ada berbagai pertimbangan pihaknya mengawali pembukaan CFD di kawasan itu, salah satunya karena kawasan itu lebih mudah untuk dilakukan penyekatan dan pengawasan.

"Jadi tidak terlalu banyak jalannya, hanya ada dua. Sehingga kami siapkan aplikasi PeduliLindungi, dan masyarakat yang masuk area itu sudah melaksanakan vaksin dua kali," jelas Anang.

Anang pun memastikan, pelaksanaan CFD akan dipantau secara ketat oleh petugas di lapangan. Nantinya akan ada petugas dari jajaran BPB dan Linmas, Satpol PP maupun petugas kecamatan dan kelurahan yang turut mengawasi pelaksanaan CFD.

Selain Jalan Kembang Jepun, Anang mengaku pihaknya sudah mengajukan beberapa lokasi lain ke Tim Satgas COVID-19. Namun lokasi lainnya masih menunggu asesmen dari Satgas COVID-19 terlebih dahulu.

"Kami juga tunggu asesmen dulu, apakah CFD juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi yang lain," pungkas Anang. 

Anang pun berharap, dibukanya kembali kegiatan CFD tak menimbulkan euforia masyarakat yang berlebihan. Apalagi sejak 19 Oktober 2021 lalu, situasi COVID-19 Kota Surabaya telah masuk level 1.

Sebagai informasi, Kota Surabaya memiliki lima titik lokasi CFD. Antara lain berada di Jalan Raya Darmo (Taman Bungkul), Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun dan Jalan Raya Kupang Indah.

Namun karena CFD adalah salah satu kegiatan yang dapat mengumpulkan massa, maka Pemkot Surabaya meniadakan kegiatan tersebut di semua titik mulai Minggu, 15 Maret 2020. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait