beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Dijuluki Kota Santri, Intip 5 Tempat Wisata Menarik di Jombang

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dijuluki Kota Santri, Intip 5 Tempat Wisata Menarik di Jombang
Image: Instagram/kampoengdjawi

Jakarta - Jombang yang terkenal dengan sebutan Kota Santri ini tidak hanya dipenuhi pondok pesantren yang terkenal loh, Urbanreaders, ternyata kota ini juga menyimpan kekayaan alam yang memukau.

Mulai dari wisata alam pegunungan, hingga air terjun dan desa wisata, di Jombang kamu bisa puas merasakan sensasi berlibur yang menyenangkan nih. Akes ke tempat-tempat wisata pun terbilang mudah, kamu bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Lalu, apa saja destinasi menarik yang ada di Jombang? Yuk, simak lima daftarnya berikut ini!

1. Goa Sigolo Golo

1657278653-Goa-sigolo-golo.jpgSumber: Instagram/wisatajombang

Destinasi yang pertama ini cocok banget buat kamu yang sedang ingin menikmati suasana alam hijau dengan udara yang begitu menyejukkan nih. Pasalnya, goa ini terletak di antara pegunungan yang membuat kamu bisa menikmati pemandangan memukau saat sampai di bibir goa.

Jika kamu ingin ke sini dan berangkat dari pusat kota, maka kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 32 kilometer (km) menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Kamu bisa mengambil jalur ke arah Wonosalam untuk menuju ke Desa Panglungan.

Berlokasi di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tempat wisata Goa Sigolo Golo bisa kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 8.30-17.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orangnya. 

2. Candi Rimbi

1657278707-candi-rimbi.jpgSumber: Instagram/candi_rimbi_jbg

Tempat wisata selanjutnya ini masuk ke dalam wisata sejarah yang ada di Jombang nih, Urbanreaders. Sebab, Candi Rimbi merupakan sebuah warisan budaya peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kaki Gunung Anjasmoro.

Namun, karena sejumlah faktor, saat ini kamu hanya bisa melihat bagian-bagian candi yang tersisa berukuran panjang sekitar 13,24 meter, lebar 9,10 meter, dan tinggi 12 meter. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati pemandangan alam yang cantik loh, Urbanreaders.

Jika kamu ingin ke sini, silakan datang langsung ke Jalan Rimbi, Dusun Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Tempat ini buka setiap hari buka pukul 8.00-16.00 WIB ini, hampir setiap hari beropreasi dan hanya tutup di hari Selasa. 

3. Kampoeng Djawi

1657278759-kampoeng-djawi.jpgSumber: Instagram/pesonajombang

Urbanreaders, siapa yang ingin berwisata menikmati budaya kental masyarakat Jawa? Kampoeng Djawi yang terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang ini bisa menjadi tujuan wisata yang pas loh. 

Di sini kamu bisa merasakan sensasi tinggal di rumah adat khas Jawa sembari menikmati sajian musik yang mewah. Selain itu, keindahan alam dari Gunung Anjasmoro juga bisa kamu nikmati dari sini loh. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait