Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Dipercaya Dapat Mempercantik Wajah, Ini 5 Manfaat Spirulina

Deandra Salsabila,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dipercaya Dapat Mempercantik Wajah, Ini 5 Manfaat Spirulina
Image: Ilustrasi spirulina (iStock/Philiphoto)

Jakarta - Spirulina adalah alga alami (cyanobacteria) yang memiliki protein dan nutrisi yang tinggi. Sebagai salah satu famili mikroba bersel tunggal, spirulina sering dikenal juga dengan alga hijau biru.

Spirulina dapat menghasilkan energi dari matahari melalui proses fotosintesis, seperti tumbuhan hijau lainnya. Saat ini, kita banyak menemukan produk kecantikan yang dibuat dari bahan dasar spirulina. 

Baca Juga : Mengurangi Tanda Penuaan, 5 Buah Ini Cocok untuk Anti-aging

Umumnya, spirulina untuk keperluan kecantikan dibuat dalam bentuk bubuk untuk masker wajah. Namun, spirulina juga dapat ditemukan dalam bentuk toner, serum, dan juga suplemen. Spirulina memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan sebagai berikut:

1. Mencegah Penuaan Dini

1633685411-pasted-image-0(2).pngSumber: Ilustrasi wajah tua (iStock/JohnyGrein)

Spirulina kaya akan fitonutrien dan karotenoid. Keduanya memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas. Maka, spirulina mampu mengatasi beberapa tanda penuaan, seperti kulit keriput akibat paparan sinar matahari, dan noda hitam.

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

1633685627-pasted-image-0(3).pngSumber: Ilustrasi wajah bercahaya (iStock/Cecilie_Arcurs)

Sarat dengan antioksidan, spirulina juga dapat mencerahkan kulit. Jika kamu menggunakan masker spirulina, kamu tinggal mengoleskan masker spirulina secara merata ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Detoksifikasi Wajah

1633685603-pasted-image-0(6).pngSumber: Ilustrasi wajah sehat (iStock/Viorel Kurnosov)

Sering menggunakan make up dan terpapar sinar matahari dapat membuat racun menumpuk di kulit wajah. Maka, spirulina bisa mendetoksifikasi kulit wajah kamu berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Menghilangkan Jerawat

1633685555-pasted-image-0(5).pngSumber: Ilustrasi wajah dengan jerawat (iStock/Peopleimages)

Sifat anti radang dari spirulina dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Spirulina dapat meningkatkan metabolisme kulit yang memungkinkan penyembuhan lebih cepat juga mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

5. Mengencangkan Kulit Kendur

1633685521-pasted-image-0(4).pngSumber: Ilustrasi kulit kendur (iStock/Sviatlana Lazarenka)

Spirulina dapat mengencangkan tampilan kulit yang kendur. Hal ini karena spirulina mengandung asam amino yang baik untuk mendukung produksi kolagen kulit. Kolagen itu sendiri adalah protein yang berfungsi menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait