beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Pasta Gigi Homemade dengan Bahan Arang Aktif

Alfian Muntahanatul Ulya,
4 Agustus 2022 13.28.10 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DIY Pasta Gigi Homemade dengan Bahan Arang Aktif
Image: Ilustrasi Pasta Gigi. (Freepik/Racool_Studio)

Jakarta - Tahukah kamu bahwa menggunakan arang aktif atau activated charcoal untuk kebersihan mulut bukan hal baru? Bahkan metode gosok gigi menggunakan arang sudah dikenalkan sejak zaman nenek moyang.

Mungkin saat ini hampir semua orang sudah meninggalkan metode itu karena dianggap kuno. Di samping itu, pasta gigi dengan campuran bahan kimia juga sudah menjamur di pasaran dan dianggap lebih praktis.

Padahal, menggosok gigi dengan arang aktif bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi karena ia memiliki pori dengan daya serap tinggi yang berfungsi untuk mengikat zat yang membuat gigi berubah menjadi kekuningan.

Selain itu, bahan ini juga baik untuk menjaga kadar keasaman mulut serta membantu mencegah karang gigi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan metode kuno ini lagi karena memiliki segudang manfaat. 

Meski metodenya dianggap kuno, kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara yang modern, yakni membuat pasta gigi activated charcoal sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak caranya!

Alat dan Bahan:

- 50g minyak kelapa dingin
- 20g bubuk kalsium karbonat
- 10g bubuk arang aktif
- 5 tetes minyak esensial pohon teh
- 10 tetes minyak esensial mint (mint ecalyptus)
- toples

Sebelum mempraktekkan bagaimana cara membuat pasta gigi dari bahan arang aktif, kurang afdol rasanya jika kamu tidak memahami terlebih dahulu kegunaan bahan-bahan yang akan dipakai.

Yang pertama, minyak kelapa merupakan bahan dasar untuk memberikan perasa dan aroma karena rasanya enak di mulut dan memiliki bau yang sedap. Bubuk kalsium karbonat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dari gigimu dan berfungsi membuat pasta menjadi lebih padat. 

Lalu untuk bahan utamanya sendiri, yakni arang aktif berguna memutihkan gigi dan minyak esensial pohon teh dikenal karena efek anti inflamasinya. Sedangkan untuk mint ecalyptus akan memberikan efek yang segar yang khas pada pasta gigi sehingga membuat nafas menjadi lebih segar.

Cara Membuat:

Cara membuatnya sangat mudah, langkah pertama yaitu siapkan toples lalu masukkan minyak kelapa sesuai dengan takaran dan tambahkan bubuk kalsium karbonat, lalu aduk rata. Setelah kedua bahan itu tercampur rata, tambahkan arang aktif dan kembali aduk hingga berwarna hitam rata. 

Langkah terakhir yakni tambahkan minyak esensial mint sebagai anti inflamasi, dan aduk rata. Kini pasta gigi arangmu siap untuk digunakan. Simpan di suhu ruang biasa yang tidak terlalu hangat karena bisa membuatnya menjadi sangat cair, dan sebaliknya, jangan menyimpannya di kulkas karena bisa membuat pasta menjadi sangat keras.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait