beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Sunscreen Alami, Bikinnya Cepat dan Gampang

DIY Sunscreen Alami, Bikinnya Cepat dan Gampang
Image: DIY Sunscreen

Jakarta - Mungkin seringkali diabaikan, namun sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang paling penting untuk menjaga dan melindungi kulit dari sengatan matahari yang mengandung sinar yang bisa merusak kulit.

Produk sunscreen yang banyak ditemui di pasaran pun tidak jarang mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi pada kulit yang sensitif. Harga yang dipatok pun tidak murah. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba untuk membuat sunscreen sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih aman bagi kesehatan kulit. Langsung saja simak caranya berikut ini!

Bahan:

1/4 cangkir minyak kelapa
1/2 cangkir minyak alpukat
1/4 cangkir shea butter
2 sendok makan bubuk seng oksida non-nano

1657002764-sunscreen-langkah-1.jpgSumber: Tuang semua bahan ke wadah kaca, tambahkan minyak dan mentega lalu aduk rata (Foto: Pexels)

Peralatan:

panci
mangkuk kaca
pot (yang ukurannya sedikit lebih besar dari mangkuk kaca)
gelas pengukur
sendok makan
penjepit
stoples

Cara Pembuatan:

1. Langkah pertama adalah tambahkan minyak dan mentega ke dalam mangkuk kaca.  Tuang sebanyak 1/4 cangkir kelapa, 1/2 cangkir minyak alpukat, dan 1/4 cangkir shea butter. Kemudian aduk hingga ketiganya tercampur rata.

2. Langkah selanjutnya, lelehkan minyak dan mentega. Lakukan dengan cara letakkan panci berisi sedikit air di atas kompor menyala dengan api sedang. Kemudian tempatkan mangkuk kaca yang telah berisi campuran bahan tadi di permukaan air dan biarkan campuran bahan hingga meleleh.

(Catatan: beberapa mangkuk kaca mungkin bisa pecah karena peningkatan suhu yang tiba-tiba, oleh karena itu untuk mengatasinya, kamu bisa meletakkan mangkuk ketika air di dalam panci masih dingin)

3. Sambil menunggu campuran bahan tersebut meleleh, kamu bisa mengaduknya sesekali untuk menghilangkan gumpalan, dan biarkan selama 15-20 menit.

4. Kemudian setelah bahan-bahan meleleh dan sudah benar-benar dingin, tambahkan dua sendok makan bubuk seng oksida yang telah disiapkan. Pastikan untuk mencampurnya secara merata dan aduk hingga tidak ada gumpalan.

5. Setelah semua bahan tercampur rata, tuang ke dalam stoples dan tunggu selama beberapa jam agar bahan mengental.

1657003686-sunscreen-langkah-5.jpgSumber: Tunggu beberapa jam hingga racikan sunscreen-mu mengental (Foto: pexels)

Sebagai informasi tambahan, resep sunscreen yang bisa kamu buat sendiri di rumah ini mengandung sekitar 25-30 SPF dan hanya bisa dipakai untuk sehari-hari, bukan untuk kepentingan yang mengharuskan kamu berjemur di bawah terik matahari sepanjang hari.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait