beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Rak Penyimpanan dari Kardus Besar, Super Simpel untuk Barang Ringan

DIY Rak Penyimpanan dari Kardus Besar, Super Simpel untuk Barang Ringan
Image: Rak penyimpanan dari kardus (Foto: instructables.com)

Jakarta - Tumpukan kardus besar pasti sangat memakan sudut ruang yang cukup besar di rumah. Mungkin kamu sampai kehabisan ide bagaimana cara menyusunnya agar rapi dan tidak menghabiskan banyak ruang tanpa harus membuangnya.

Tapi tenang, saat ini kamu tidak perlu khawatir karena Urbanasia menemukan solusi yang cocok untuk permasalahan itu. Daripada kardus bekas itu hanya menjadi sampah yang kurang berfungsi di rumah, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah rak penyimpanan.

Langsung saja simak cara dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Bahan dan Alat:

- Kotak kardus besar
- Lem dan pistol lem untuk mengaplikasikannya
- Pisau
- Penggaris panjang
- Selotip

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Membuat Kaki Rak 

1659439526-Langkah-1-rak-penyimpanan.jpgSumber: Gunakan penggaris agar kaki rak tidak berbeda ukuran (Foto: instructables.com)

Sebelum memotong bagian kardus menjadi potongan-potongan panjang, lipat kardus terlebih dahulu seperti pada gambar. Kemudian buatlah potongan kardus yang digunakan sebagai empat kaki rak penyimpanan dengan masing-masing berukuran 4 cm x 4 cm x 84 cm

2. Membuat Alas Rak 

1659439632-Langkah-2-rak-penyimpanan.jpg

Gunakan bagian kardus yang masih tersisa banyak untuk membuat bagian alas tempat meletakkan barang-barang dengan bentuk persegi panjang berukuran cukup besar agar bagian keempat sisinya bisa dilipat.

3. Potong Tiap Sudut Alas 

1659439830-Langkah-3-rak-penyimpanan.jpg

Perhatikan gambar. Sebelum menekuk keempat sisi alas agar menjadi kotak dengan sisi yang setengah tertutup, potong beberapa sisi yang ukurannya dilebihkan tadi untuk mempermudah proses melipat rak. 

4. Tekuk Sisi Rak 

1659439846-Langkah-4-rak-penyimpanan.jpg

Tekuk keempat sisi rak menjadi seperti sebuah kardus tanpa penutup. Lalu tempelkan beberapa selotip pada setiap sudut agar tidak bergeser atau lepas. Sementara di bagian dalam setiap sudut, tempelkan lem menggunakan bantuan pistol lem tadi. 

5. Perkuat Bagian Tengah Rak 

1659439910-Langkah-5-rak-penyimpanan.jpg

Tambahkan penyangga di bagian tengah rak seperti pada gambar. Empat bagian dengan ukuran yang lebih kecil untuk menambah kekuatan pada inti rak.

6. Susun Kaki Rak

1659439933-Langkah-6-rak-penyimpanan.jpg

Langkah terakhir yakni memasang bagian kaki di tiap sudutnya. Lakukan seperti pada gambar, dan pastikan kokoh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait