beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Rak Serba Guna dari Ban Mobil Bekas

Suci Nabila Azzahra,
16 November 2022 11.40.34 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DIY Rak Serba Guna dari Ban Mobil Bekas
Image: Ilustrasi - Rak dari ban bekas. (Pinterest)

Jakarta - Limbah ban mobil bekas biasanya digunakan oleh pengrajin untuk membuat tong sampah, ember, ayunan anak-anak, dan lain-lain. Walaupun bekas, ban mobil sangat berpotensi untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk hiasan rumah. 

Pada kesempatan kali ini, Urbanasia akan kasih kamu tips cara bikin rak serba guna dari ban mobil bekas. Sederhana memang, tapi ban ini terlihat artistik dan sangat cocok untuk diletakan di ruangan kerja atau di sudut ruangan favoritmu.

Jadi jika ban mobilmu sudah waktunya untuk diganti, bawalah ban bekas tersebut pulang dan ikuti langkah-langkah berikut ini!

Bahan:

  • Ban mobil bekas
  • Papan kayu sepanjang diameter band dan lebar ban
  • Sekrup dan fisher
  • Woodstain/ pewarna kayu

Alat:

  • Gergaji
  • Gerinda
  • Amplas
  • Gunting/pisau
  • Trimmer/router (opsional)

Cara Membuat:

1. Potong papan kayu sesuai ukuran diameter dalam ban mobil. Kamu bisa menggunakan papan kayu bekas dari palet kayu atau kayu yang digunakan untuk packing pengiriman paket. Pastikan mengukurnya dengan pas karena jika terlalu panjang maka papan akan sulit untuk dapat masuk ke dalam ban.

Jika kamu mempunyai mesin trimmer/router, kamu bisa membuat profil pada ujung papan agar rak ini terlihat lebih bagus. 

2. Gosok permukaan kayu menggunakan amplas 250 lalu 400 hingga permukaan kayu halus. Kamu tidak harus menggunakan mesin amplas untuk mengamplas kayu ini, hanya saja jika dengan menggunakan mesin proses pengamplasan menjadi lebih cepat.

3. Jika permukaan kayu sudah halus, gunakan woodstain untuk melapisi dan memberi warna natural pada kayu. Kuaskan woodstain dengan merata lalu tunggu beberapa jam hingga kering, setelah itu biasanya permukaan akan terasa sedikit kasar. Amplas kembali seluruh permukaan kayu menggunakan amplas nomor 400 lalu berikan woodstain lagi.

4. Sambil menunggu woodstain kering, potonglah salah satu sisi dinding pada ban menggunakan gerinda. Kamu perlu memotong bagian ini agar kayu dapat masuk ke dalam ban. Walaupun terlihat seperti karet, sebenarnya ban ini dilapisi oleh beberapa lapis kawat. Jadi, gunakanlah kacamata pengaman saat memotong.

5. Setelah bagian yang berisi kawat telah terpotong, lanjutkan potongan hingga ke ujung telapak ban menggunakan gunting atau pisau.

6. Masukan kayu ke dalam ban dengan cara memasukan salah satu bagian kayu ke dalam ban terlebih dahulu lalu masukan sisi lain melalui sobekan pada ban. Karena ukuran kayu yang pas dengan diameter ban, mungkin akan sedikit sulit memasukannya. 

Triknya adalah dengan menduduki bagian atas ban, sehingga bagian tengah ban sedikit melebar baru kita bisa memasukan kayu tersebut. 

6. Agar dapat menggantungkan ban ini ke tembok, kamu perlu membuat lubang pada bagian atas ban. Sisi ban yang perlu diberi lubang adalah sisi ban yang tadi disobek agar saat ban digantungkan, bagian depan ban terlihat rata tanpa sobekan.

Selesai. Sekarang kamu bisa meletakan buku-buku atau barang-barang kesukaanmu di rak ini. Mudah kan?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait