beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY: Sulap Baju Bekas Jadi Tote Bag

DIY: Sulap Baju Bekas Jadi Tote Bag
Image: DIY tote bag kain dari baju bekas (Foto: Pinterest)

Jakarta - Baju atau kaos yang sudah nggak muat dan terpakai kerap kali jadi tumpukan yang hanya memenuhi lemari saja. Terkadang masih terbersit rasa sayang ketika ingin mendonasikan pakaian-pakaian tersebut. 

Bisa jadi karena baju itu pernah menjadi kesayanganmu. Daripada berpusing-pusing bagaimana cara mengatasi pakaian lama yang menumpuk itu, kamu bisa mengubahnya menjadi barang yang lebih berfungsi, Misalnya seperti tote bag.

Urbanasia juga telah merangkum langkah-langkahnya nih. Jadi yuk langsung simak saja!

Alat dan Bahan:

- Baju atau kaos lama yang sudah tidak terpakai
- Mesin jahit atau benang dan jarum
- Gunting
- Pin
- Penanda kain
- Penggaris
- Peniti

1658390992-TesPinterest.jpgSumber: DIY tote bag kain dari baju bekas (Foto: Pinterest)

Cara Membuat:

1. Langkah pertama yaitu balikkan bagian dalam baju/kemeja/kaos ke bagian luar, jika sudah letakkan dengan rapi di atas meja. Pastikan meja dalam kondisi bersih dari barang-barang sehingga baju bisa terlihat rata di atas permukaan meja.
2. Selanjutnya, sematkan kedua sisi bagian bawah baju, kamu bisa menahannya dengan peniti agar bagian kain yang disematkan tidak bergeser. 
3. Pastikan rapi, kemudian jahit bagian bawah tersebut menggunakan mesin jahit atau jika tidak ada, kamu bisa menjahitnya secara manual dengan bantuan jarum dan benang. Jahit di sepanjang bagian atas ujung kemeja, dan lepaskan peniti ketika sudah selesai menjahit.
4. Kemudian ukur untuk membuat sudut bagian bawah tas. Kamu bisa melakukannya dengan cara meletakkan baju dengan jahitan bawah secara vertikal, kemudian bagian bawah yang sudah menyatu tadi akan membentuk segitiga di tiap sudut kanan dan kirinya. Lalu gunakan penggaris untuk mengukur garis secara horizontal sepanjang 3 inci dari atas bagian segitiga, tandai garis dengan penanda kain. Lakukan hal yang sama pada bagian satunya.
5. Untuk membuat sudut bawah totebag kainmu lebih bersudut, kamu harus menjahitnya di sepanjang garis yang telah kamu beri tanda sebelumnya.
6. Setelah selesai menjahit kedua bagian sudut bawah tas totebag, jangan lupa untuk memotong bagian lengan baju. Gunakan gunting untuk memotong bagian lengan mengikuti jahitannya. Ini akan digunakan sebagai pegangan totebagmu.
7. Berikutnya, jahit bagian bekas dipotong tadi agar terlihat lebih rapi. Kamu bisa menggunakan mesin jahit atau benang dan jarum.
8. Langkah terakhir yakni, balik tasmu seperti pada step awal pembuatan.

Mudah bukan? Bahkan untuk membuatnya kamu tidak memerlukan banyak alat dan bahan. Selamat Mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait