Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Simak Keutamaannya

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Simak Keutamaannya
Image: Ilustrasi Berdoa. Sumber: Freepik/Jcomp

Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari ada baiknya kebiasaan berdoa ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Berdoa merupakan salah satu kegiatan keagamaan agar mendapat kemudahan juga berkah dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Adapun salah satu doa yang wajib diajarkan kepada anak, yakni doa sebelum belajar dan sesudah belajar.

Belajar ini merupakan sebuah kegiatan yang wajib hukumnya. Ketika fase anak-anak belajar, Bunda bisa memulai menanamkan kebiasaan membaca doa sebelum belajar dan sesudahnya. Karena, di masa itulah anak dengan mudahnya meniru lingkungan sekitar.

Hal itu bisa membuat anak meniru doa yang diucapkan oleh Bunda loh. Anak akan dengan mudahnya menangkap doa yang diajarkan. 

Berikut, doa sebelum belajar dan sesudah belajar serta keutamannya yang telah dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2021).

1. Doa Sebelum Belajar

1631248209-quran-4178664-1920.jpgSumber: Ilustrasi Berdoa. (Pixabay/Fauzan)

Berikut ini adalah doa sebelum belajar dengan bahasa arab, latin dan juga artinya:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: 

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh" 

2. Doa Sesudah Belajar

1622626220-ilustrasi-berdoa.jpgSumber: ilustrasi wanita berdoa. (Pinterest/newson.ga)

Berikut doa sesudah belajar dengan bahasa arab, latin dan artinya:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin.

Artinya:  

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam." 

3. Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

1631248165-mother-397956-1920.jpgSumber: Ilustrasi Berdoa Ibu-Anak. (Pixabay/ Ebrahim)

Dalam membaca doa tentu ada sejumlah keutamaannya, diantaranya:

1. Mendapat Kemudahan

Dalam mencari ilmu biasanya mendapat sejumlah rintangan maupun gangguan yang bisa menghalangi kegiatan belajar. Namun, jika mengamalkan doa sebelum dan sesudah belajar ini bisa memberikan kemudahan serta kelancaran dalam menuntut ilmu sesuai janji Allah kepada umat-Nya.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (Al Mukmin: 60).

2. Tujuan yang Jelas

Harus menghindari keragu-raguan dalam menuntut ilmu dan menetapkan tujuan yang jelas kedepannya. Dalam hal tersebut, tentu perlu mengamalkan doa seiring dengan kegiatan yang dilakukan. Karena, Allah akan memberikan kenikmatan yang bisa dirasakan di dunia maupun di akhirat sesuai dalam hadist berikut.

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Mendapatkan Amalan Baik

Berdoa ini jika dilakukan secara terus menerus akan membuahkan imbalan dalam bentuk pahala atas kerja keras atau terkabulnya doa. Berdoa untuk belajar ini nantinya akan mendapatkan amalan baik, sesuai dengan hadist berikut.

”Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim)

Nah, itu dia doa sebelum dan sesudah belajar. Kebiasaan ini bisa dilakukan sejak anak masih usia dini loh. Jangan lupa untuk terus membimbing anak berdoa setiap hari. Semoga bermanfaat Bunda! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait