menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Duke of Edinburgh, Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun

Shelly Lisdya,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Duke of Edinburgh, Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun
Image: Pangeran Philip tertangkap kamera di Tahun 2018. (Foto: ANTARA/REUTERS/Peter Summers/am)

Jakarta - Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris, Duke of Edinburgh, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun. 

Istana Buckingham merilis pernyataan pada pukul 12:00 waktu setempat (21:00 AEST), yang membenarkan bahwa Pangeran Philip meninggal dengan 'damai' pada Jumat (9/4/2021) pagi.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," bunyi pernyataan itu.

"Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan lebih lanjut. Keluarga kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," tambah pernyataan tersebut.

Pria yang menemani Ratu Elizabeth II tersebut diketahui dirawat di rumah sakit sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun lalu, ia telah dibebaskan dari rumah sakit King Edward VII London, setelah dirawat sebulan sebelumnya sebagai tindakan pencegahan. 

Pangeran Philip sebelumnya dirawat di King Edward VII sebelum Natal tahun 2019 untuk perawatan kondisi yang sudah ada sebelumnya, dan tinggal di sana selama beberapa hari.

Sebuah pernyataan dari Istana Buckingham pada saat ia masuk mengatakan, ia telah dikirim ke rumah sakit atas saran dokternya setelah merasa tidak sehat. Seminggu kemudian Istana mengatakan dia sedang berjuang melawan "infeksi" dan akan tinggal di rumah sakit.

Namun keluarga kerajaan terus memberikan penilaian positif tentang kesehatannya, dan putra bungsunya Pangeran Edward mengatakan jika ia jauh lebih baik dan berharap untuk keluar.

Pada 1 Maret, Pangeran Philip dipindahkan ke rumah sakit St Bartholomew, London, di mana tes dilakukan pada kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya. Prosedur untuk kondisi itu berhasil dilakukan pada 4 Maret. Namun, akhirnya meninggal pada 9 April 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait