Hot News

Jakarta - Gerakan Black Lives Matter (BLM) masih berlangsung hingga hari ini. Sederet selebriti pun masih menyuarakan dukungan mereka atas gerakan BLM, di antaranya Selena Gomez.

Penyanyi asal Amerika Serikat itu menyuarakan dukungannya pada gerakan Black Lives Matter di sosial medianya dengan menyerahkan akun Instagramnya pada aktivis hak sipil kulit hitam, Ruby Bridges.

Bridges, lewat akun Instagram Selena, memposting rekaman film dokumenter berjudul The Children Were Watching (1961). Film itu memperlihatkan perjuangan hak-hak sipil saat hadir sekolah di New Orleans yang menerapkan desegregasi, yaitu penghapusan pemisahan yang bersifat rasial. Kejadian itu sendiri berlangsung tahun 1960 lalu.

Dalam rekaman berdurasi 2 menit 27 detik itu terlihat gambaran kekacauan yang dihadapi oleh keluarga Gabrielle karena memasukkan putrinya yang berkulit putih, Yolanda, ke sekolah tersebut. Padahal orang tua kulit putih lainnya menjauhkan anak-anak mereka dari sekolah tersebut.

Keluarga Gabrielle tampak tidak peduli dengan protes yang dilakukan keluarga kulit putih lainnya. Tampak dalam rekaman sang ibu yang bernama Daisy Gabrielle diserang orang tua lainnya di depan rumahnya, yang mana dibalas kembali oleh Daisy. Sementara itu kepala keluarga Gabrielle diminta keluar dari pekerjaannya.

"Rekaman yang belum pernah dilihat sampai sekarang. Ini akan menunjukkan keberanian yang dimiliki keluarga kulit hitam & coklat kami selama Gerakan Hak-Hak Sipil tahun 1960! Saya juga ingin menyoroti kisah yang terhubung dengan cerita saya," tulis Ruby di Instagram penyanyi 27 tahun itu.

"Saya merasa penting untuk menunjukkan kepada saudara dan saudari Brown kami bahwa mereka juga terlibat dalam Gerakan Hak-Hak Sipil, terutama pada hari itu ketika saya memasuki sekolah. Anda akan melihat rekaman yang menyoroti keluarga Gabriel yang berani dan momen di sekitar Daisy Gabriel, seorang ibu yang berusaha membawa putrinya ke sekolah pada hari aku mengintegrasikan sekolah itu," lanjut bunyi caption tadi.

"Ini adalah video yang sangat menyayat hati untuk melihat pengorbanan yang harus ia lakukan ketika mencoba membawa putrinya ke sekolah hari itu juga. Penting bagi saya untuk menunjukkan kisahnya kepada dunia. Itu juga warisan Anda!," tutupnya.  

Tak hanya untuk Ruby, pelantun Rare itu juga menggunakan akun Instagramnya yang diikuti 180 juta orang untuk memposting tokoh-tokoh kulit hitam lainnya. 


Loading ..