URedu

5 Contoh Cerita Liburan Sekolah, Bisa Jadi Referensi Tugas!

Tim Urbanasia, Rabu, 4 Januari 2023 16.40 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Image: Ilustrasi. (Dok. Kemenkeu)

Jakarta - Libur sekolah sebentar lagi akan usai. Biasanya, anak sekolah akan diberi tugas untuk membuat cerita semasa liburan. Tugas ini bisa dikerjakan secara tertulis atau bahkan secara lisan dengan bercerita di depan kelas.

Nah biar tidak bingung, berikut ini ada 5 contoh cerita liburan sekolah yang bisa jadi referensi untuk mengerjakan tugas dari guru. Check it out!

1. Liburan di Rumah

Saat libur sekolah tahun ini, saya banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Pertama, saya sering membantu ibu di dapur. Karena libur sekolah kali ini bertepatan dengan libur Tahun Baru, saya dan ibu juga mempersiapkan masakan serta bahan makanan untuk malam tahun baru, seperti daging, jagung, serta bakso dan sosis.

Selain membantu ibu, saya juga membantu ayah saya untuk membersihkan gudang dan mencuci mobil setiap pagi. Gudang yang dibersihkan telah menjadi kamar bermain saya saat awal tahun 2023.

Ketiga, saya banyak melakukan olahraga setiap sore saat liburan sekolah. Kata orangtua saya, olahraga dapat membuat badan sehat.

2. Berkebun Selama Liburan

Karena liburan kali ini masih suasana pandemi COVID-19, maka saya hanya bisa melakukan aktivitas di rumah yaitu berkebun. Awalnya membosankan, namun lama-lama berkebun ini menjadi seru. Keluarga juga mulai ikut berkebun di akhir-akhir masa liburan.

Ibu yang awalnya hanya membantu menanam bibit, lama-lama ikut menyiram tanaman setiap harinya. Ibu juga merawat serta membeli peralatan berkebun. Begitu juga dengan ayah yang mulai sering ikut berkebun.

Saya merasa berkebun ini adalah hobi baru yang dapat membuat saya senang karena warna bunga yang begitu indah. Selain bunga saya juga dapat memetik cabai serta kangkung. Hasil kangkung yang saya tanam sendiri sangat banyak dan enak ketika dimasak.

Sampai saat ini walaupun sudah masuk sekolah, saya akan tetap berkebun.

3. Pergi ke Rumah Saudara

Selama liburan, saya dan keluarga pergi ke rumah saudara di Bandung dua minggu yang lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya selama sebulan kemarin. Kami sampai di Bandung pada malam hari dan udara sangat dingin.

Kami menghabiskan waktu selama tujuh hari dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti pergi ke mall, berenang, makan di restoran dan ngobrol bersama. Selain itu saya juga membantu saudara untuk membersihkan rumah karena saya dan saudara saya sering bermain di dalam rumah.

Setelah tujuh hari, saya pulang ke rumah saya dan mulai mempersiapkan peralatan untuk kembali ke sekolah. Liburan kali ini sangat menyenangkan. Banyak pengalaman baru yang saya temukan di Bandung.

4. Pergi ke Luar Negeri

Selama liburan, saya dan keluarga pergi ke luar negeri untuk jalan-jalan. Saya tidak bisa berbicara dengan orang lain, tapi saya mengerti sedikit apa yang mereka bicarakan. Mereka berbicara seperti orang Indonesia.

Ayah dan ibu saya berkata bahwa negara yang saya kunjungi tidak jauh dari Indonesia. Kata ibu, saat itu saya berada di Kota Tokyo.

Hari pertama saya hanya pergi bersama keluarga untuk makan bersama di pinggir jalan. Di hari lain saya berjalan-jalan untuk membeli oleh-oleh dan mendatangi beberapa tempat wisata di sana.

Saya sangat senang. Hari selanjutnya, ayah saya harus pulang duluan dan saya mengantarnya ke bandara. Sayang sekali ayah hanya dua hari bersama saya di luar negeri.

Setelah dari bandara, saya pulang ke hotel dan beristirahat. Besoknya saya pergi lagi ke tempat wisata yang saya tidak begitu sukai, lalu saya pulang dan bersiap-siap ke bandara keesokan harinya. Karena saya dan ibu harus pulang ke Indonesia.

5.  Merawat Kucing

Awal liburan menjadi kesedihan bagi saya karena tiga kucing saya sakit mulai dari saya liburan hingga sekarang saat masuk sekolah. Awalnya kucing muntah dan tidak mau makan dan minum. Setelah itu saya bawa ke dokter. Kata dokter, kucing saya sakit. Ibu yang tau nama penyakit si kucing.

Akhirnya kucing saya bawa pulang dengan beberapa obat yang harus dikasih saat kucing makan. Kasihan sekali kucing saya yang tidak berdaya. Lalu beberapa hari kemudian, dua kucing lainnya terlihat lemas dan tidak bersuara.

Ternyata dua-duanya juga sakit. Lalu saya membawa kucing saya ke dokter lagi dan diberikan obat lagi. Sampai saat ini kucing saya masih terlihat lemas tidak mau diajak bermain. Saya selalu mengusap badan mereka dan memberikan makanan serta minuman dan obat.

Itulah lima contoh cerita liburan yang dapat kalian jadikan referensi untuk mengerjakan tugas dari guru. Semoga membantu!