beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Elon Musk Batal Beli Twitter Senilai Rp 659 Triliun

Shinta Galih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Elon Musk Batal Beli Twitter Senilai Rp 659 Triliun
Image: Ilustrasi TWitter (PhotoMix-Company/Pixabay)

Jakarta - Elon Musk membatalkan kesepakatan rencana pembelian Twitter senilai US$44 miliar atau sekitar Rp 659 triliun. Dia menilai perusahaan media sosial itu telah melanggar beberapa kesepakatan.

"Selama hampir dua bulan, Tuan Musk telah mencari data dan informasi yang diperlukan untuk membuat penilaian independen tentang prevalensi akun palsu atau spam di platform Twitter. Twitter telah gagal atau menolak untuk memberikan informasi ini,” terang pengacara Musk dalam surat pengajuan kepada Securities and Exchange Commission.

“Terkadang Twitter mengabaikan permintaan Tuan Musk, terkadang menolaknya karena alasan yang tampaknya tidak dapat dibenarkan, dan terkadang mengklaim untuk mematuhinya sambil memberikan informasi yang tidak lengkap atau tidak dapat digunakan kepada Tuan Musk," tambahnya.

Keputusan Musk ini langsung mendapat tanggapan dari Ketua Dewan Independen Twitter Bret Taylor. Pihaknya akan mengambil tindakan hukum demi menyeret kembali Musk ke perjanjian merger.

"Dewan Twitter berkomitmen menyelesaikan transaksi pada harga dan persyaratan yang disepakati dengan Elon Musk, dan berencana mengambil tindakan hukum untuk menegakkan perjanjian merger," tulis Taylor di akun Twitternya.

"Kami yakin akan menang," tegasnya.

Untuk diketahui Musk mengumumkan akan mencaplok Twitter pada 25 April. Dalam perjalanannya bos SPaceX dan Tesla itu juga sempat menunda pembelian sampai perusahaan memperbaiki soal spam yang menyumbang kurang dari 5 persen pengguna total Twitter.

Dalam kontrak kesepakatan, Musk harus membayar US$ 1 miliar  ke Twitter bilamana gagal menyelesaikan pembayaran atau dibatalkan oleh regulator. Namun, biaya itu tidak berlaku jika Musk sendiri yang membatalkan pembelian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait