beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

5 Pertunjukan Tradisional Indonesia yang Mendunia

Shelly Lisdya, 27 April 2022 22.07.50
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Pertunjukan Tradisional Indonesia yang Mendunia
Image: Reog Ponorogo (Pinterest/1001Indonesia)

Jakarta - Indonesia memiliki berbagai macam warisan seni dan budaya, dengan demikian Indonesia punya berbagai keanekaragaman seni pertunjukan khas yang menarik di tiap daerah seperti tari, wayang, teater, dan lainnya.

Seni pertunjukan tradisional Indonesia pun menjadi daya tarik untuk menggaet wisatawan, Guys. Nah, berikut beberapa pertunjukan Indonesia yang memukau dunia.

1. Tari Kecak, Bali

1651046483-tari-kecak.jpgSumber: Tari Kecak, Bali (Pinterest)

Dikutip dari laman Kemenparekraf, inilah tarian khas Bali yang menjadi pelengkap destinasi wisata rohani dan budaya di sana. Awalnya, Tari Kecak merupakan ritual kuno Bali yang disebut sebagai Sanghyang, yang bertujuan mengusir roh jahat.

Namun saat ini Tari Kecak tidak hanya menjadi seni pertunjukan tradisional saja, melainkan menjadi drama musikal yang indah. Pasalnya, Tari Kecak menceritakan pewayangan Ramayana yang banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

Keunikan dari pertunjukan Tari Kecak adalah perpaduan iringan suara musik gamelan, dengan suara “Cak! Cak! Cak!” dari 50-70 orang penarinya.

2. Tari Barong, Gianyar, Bali

Seni pertunjukan tradisional khas Bali yang tidak kalah memukau lainnya adalah Tari Barong. Bahkan pementasan Tari Barong di daerah Gianyar, Bali, sudah dikenal wisatawan mancanegara sejak 1930 silam.

Tari Barong menampilkan dua orang penari yang lincah dengan gerakan yang kompak. Dalam kepercayaan Bali, tarian ini ada tokoh Barong berwujud singa yang dianggap sebagai Raja Roh, dan dikenal sebagai malaikat pelindung.

Sementara itu, ada Rangda yang dikenal sebagai Ratu Iblis, dan menjadi lawan Barong.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait