beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Mengenal Chris Lie, Komikus Indonesia yang Mendunia

Eronika Dwi, 25 Agustus 2022 21.29.41
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Chris Lie, Komikus Indonesia yang Mendunia
Image: Chris Lie. (Instagram @chrisliecaravan)

Jakarta - Komik Marvel dan DC Comics sangat digemari banyak orang dari semua umur. Namun, siapa sangka jika ada salah satu komikus asal Indonesia yang turut andil dalam industri itu.

Ia adalah Christiawan Lie atau Chris Lie yang lahir di solo pada 5 september 1974. Ia berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan arsitektur. Setelah lulus, ia sempat bekerja pada Nyoman Nuarta dan ikut mengerjakan monumen garuda wisnu kencana. 

Mengutip situs resmi Binus, namun karena kurang menikmati dunia tersebut ia mendirikan studio komik 'Bajing Loncat' dengan beberapa temannya. Sebab lebih banyak ruginya, pada akhirnya satu persatu dari mereka termasuk Chris memilih hengkang. 

Pada 2001, ia memenangkan Jakarta International Art Festival dengan hadiah tiket penerbangan ke Singapura. Dari sinilah ia memantapkan diri untuk bekerja di Singapura. 

Di sana Chris mendapat hadiah Exhibition Designer dalam Parade Nasional Singapura. Dua tahun bekerja di Singapura, ia memenangkan tiga kompetisi gambar dan ilustrasi.

Chris mendapatkan beasiswa fulbright dan melanjutkan pendidikan di Savannah College of Art and Design jurusan Sequential Art. Ia pun sempat magang di perusahaan komik Devil’s Due Publishing Chicago. Ketika 'Devil’s Due' mendapat proyek GI Joe dari Hasbro, perusahaan raksasa mainan anak-anak di Amerika Serikat. Chris diminta ikut menggambar sosok GI Joe yang lebih muda dan trendi. 

Ia pun menciptakan sosok GI Joe bertubuh besar tapi dengan bagian kaki mengecil, dan ternyata itulah yang dipilih Hasbro. Sejak saat itu ia dipercaya menggarap proyek 'Devil’s Due'. Usai lulus kuliah, ia kembali ke Tanah Air dan mendirikan caravan studio di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Tak hanya itu, Chris Lie juga menciptakan komik hasil karyanya sendiri berjudul 'Return of the Labyrinth', yang kemudian diterbitkan oleh Tokyopop.

Pada edisi awal terbit, komik 'Return of the Labyrinth' berhasil menduduki posisi keempat komik terlaris di Amerika dan mampu bersaing dengan komik 'Naruto'.

Terbaru, Chris Lie menciptakan teaser poster film Indonesia berjudul 'Qodrat'.

Sutradara film 'Qodrat' Charles Gozali mengatakan, konsep teaser poster dipilih untuk menggambarkan dua sisi jiwa manusia yang saling dipertentangkan dalam sepak terjang Qodrat melawan kekuatan setan.

Poster dibuat dengan konsep menyatukan sosok Vino G. Bastian dan Marsha Timothy dalam satu wajah berbeda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait