menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

European Super League Batal, Siapa Saja yang Masih Bertahan?

Rezki Maulana,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
European Super League Batal, Siapa Saja yang Masih Bertahan?
Image: Klub yang masih bertahan dengan European Super League (ilustrasi: Pinterest/JackDeSanto)

 

Madrid - Setelah ditentang sana-sini, European Super League akhirnya dibatalkan juga. Banyak yang mengundurkan diri, tapi ada juga yang bertahan. Siapa saja?

European Super League dibentuk oleh 12 klub raksasa eropa, enam dari Inggris yakni Liverpool, Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Sementara tiga dari Italia ada Juventus, Inter Milan, dan AC Milan, sementara tiga lainnya dari Spanyol, Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona. Setelah diumumkan pembentukannya pada, Senin (19/4/2021) dini hari WIB kemarin, pro-kontra pun langsung muncul.

Ini setelah European Super League dianggap kompetisi eksklusif untuk klub-klub besar dan membuat jurang perbedaan antara si kaya serta si miskin menjadi lebih lebar. Apalagi setiap peserta mendapat uang tampil sebesar 300 juta paun.

Kompetisi ini ada untuk membantu klub-klub yang kesulitan keuangan di masa pandemi virus corona. Tapi, resistensi yang ada membuat misi ini akhirnya harus dibatalkan.

Baru dua hari diumumkan, European Super League harus berhenti setelah enam klub Inggris memutuskan mundur secara bersamaan. Setelah itu, giliran dua klub Italia, Inter Milan dan AC Milan, yang menarik diri.

"Semula kami menerima undangan berpartisipasi dalam proyek Liga Super dengan niatan murni untuk mempersembahkan kompetisi Eropa terbaik bagi fans sepakbola di seluruh dunia dan demi kepentingan klub dan fans kami," bunyi pernyataan resmi Milan.

"Perubahan tidak selalu mudah, tetapi evolusi diperlukan demi kemajuan, dan struktur sepakbola Eropa telah berevolusi dan berubah selama beberapa dekade."

Terakhir, Atletico Madrid menyatakan tidak jadi ikut dengan European Super League. Meski sembilan tim sudah mengundurkan diri, tapi European Super League sepertinya belum mati sepenuhnya.

Sebab tiga tim penggagas, Real Madrid, Barcelona, dan Juventus masih bertahan. Mereka yakin konsep ini adalah yang terbaik untuk masa depan sepakbola Eropa.

Juventus belum keluar, Milan juga. Kami semua bersama-sama. Barcelona sedang merenung," tutur Presiden Madrid Florentino Perez kepada radio El Larguero seperti dilansir ESPN.

"Hal pertama yang kami sepakati kemarin adalah untuk berhenti, menjelaskan, seperti yang seharusnya kami lakukan sejak awal," sambungnya.

"Belum ada yang membayar (penalti), 12 klub masih ada, mereka belum keluar. Kami menandatangani perjanjian yang mengikat setelah besarnya usaha yang dilakukan," tutup Perez.

Baca Juga: Liga Champions Punya Format Baru, Mirip European Super League 

Yang bertahan di European Super League:

Real Madrid
Barcelona
Juventus

Yang cabut dari European Super League:

Liverpool
Manchester United
Manchester City
Chelsea
Arsenal
Tottenham Hotspur
Inter Milan
AC Milan
Atletico Madrid

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait