Hot News
URsport

F1 2020 Bertambah Jadi 13 Seri, GP Inggris Akhir Pekan Ini

Rezki Maulana,
2 Agustus 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
F1 2020 Bertambah Jadi 13 Seri, GP Inggris Akhir Pekan Ini
Image: F1 2020 Bertambah Jadi 13 Seri, GP Inggris Akhir Pekan Ini (Twitter @F1Grid)

Silverstone - GP Inggris akan menjadi balapan keempat F1 2020. Kabar baiknya bakal ada tiga seri tambahan sehingga total ada 13 seri di musim ini.

GP Inggris sudah memanggungkan sesi kualifikasi, Sabtu (1/8/2020) malam WIB, dengan Lewis Hamilton sebagai pemegang pole position. Pebalap Mercedes GP itu diikuti rekan setimnya Valtteri Bottas dan pebalap Red Bull Racing Max Verstappen.

Setelah libur dua pekan, deru mobil F1 akan terdengar lagi. Tapi, balapan musim ini akan semakin seru di tengah pandemi virus corona yang membuat banyak balapan dibatalkan. Sebab, GP Brasil, GP Kanada, dan GP Amerika Serikat dibatalkan.

Sebagai gantinya, bakal ada tiga seri baru yakni GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, dan GP Portugal di Sirkuit Portimao. Menyusul dua seri yang sebelumnya diumumkan di awal Juli, yakni GP Rusia dan GP Tuscan yang digelar di Sirkuit Mugello, maka total ada 13 balapan musim ini.

Khusus GP Portugal, ini jadi kali pertama ada balapan lagi di negara itu setelah terakhir 1996.

"Sirkuit Internasional Algarve di Portimao akan menggelar GP Portugal untuk pertama kalinya pada 23-25 Oktober, dua pekan setelah GP Eifel di Sirkuit Nurburgring," ujar pernyataan resmi F1.

"Lalu seminggu setelah GP Portugal, di Sirkuit Imola akan kembali bergema suara mesin-mesin mobil F1 dengan tajuk GP Emilia Romagna."

Terkait GP Emilia Romagna, balapan di sana hanya dihelat dua hari. F1 memang belum menyepakati format resminya. Namun waktu untuk latihan bebas dan kualifikasi kabarnya dipadatkan menjadi sehari, sedangkan sisa sehari untuk balapan.

F1 2020 sudah memanggungkan tiga balapan, yakni GP Austria, GP Styria, dan GP Hongaria. Hamilto, juara bertahan, masih memuncaki klasemen dengan 63 poin, disusul Bottas (58 poin), Verstappen (33 poin), Lando Norris (26 poin), dan Alexander Albon (22 poin).


Loading ..