beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Facebook Ingin Bikin Koneksi Internet di Indonesia Lebih Ngebut

Afid Ahman,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Facebook Ingin Bikin Koneksi Internet di Indonesia Lebih Ngebut
Image: Ilustrasi Facebook. (wccftech)

Jakarta - Facebook berupaya meningkatkan kualitas koneksi internet di Indonesia. Bersama mitranya, perusahaan bikinan Mark Zuckerberg ini akan memperluas akses jaringan internet, menurunkan biaya konektivitas, mengoptimalkan investasi jaringan dan memungkinkan pendekatan baru untuk infrastruktur jaringan telekomunikasi.

"Facebook berkomitmen untuk bekerjasama dengan pemerintah, industri, akademisi, ahli teknologi, dan masyarakat sipil untuk membantu menghubungkan 3,5 miliar orang, termasuk di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet, dan untuk meningkatkan pengalaman mereka yang sudah terhubung," kata Facebook.

Namun Facebook memastikan perannya di sini bukanlah sebagai penyedia layanan, namun untuk menyediakan ekosistem, bekerja dengan penyedia jaringan, manufaktur peralatan, dan mitra ekosistem lainnya untuk mengembangkan model bisnis, alat, dan teknologi baru yang membantu menyediakan akses internet yang lebih cepat.

"Bisnis kami berhubungan erat dengan operator jaringan dan ekosistem seluler. Kami ingin secara aktif mengembangkan ekosistem untuk membantunya tumbuh dengan kinerja jaringan yang kuat dan inovasi berkelanjutan," ujarnya.

Di Indonesia, PT Alita Praya Mitra (Alita) dan Facebook membangun 3.000 kilometer kabel fiber untuk menghubungkan lebih dari 1.000 titik jaringan di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Ini menjadi investasi kabel fiber terbesar Facebook di Asia hingga saat ini. Diketahui ketika proyek ini selesai, kabel fiber tersebut akan menyediakan layanan akses internet cepat ke lebih dari 10 juta pengguna.

Facebook juga menghadirkan Express Wi-Fi sebagai platform perangkat lunaknya yang membantu penyedia layanan dan operator jaringan seluler untuk membangun, mengoperasikan, menumbuhkan, dan monetisasi bisnis Wi-Fi mereka secara berkelanjutan.

Diketahui Facebook telah memiliki dua kemitraan Wi-Fi Express di Indonesia, yakni bersama BaliTower sejak Januari 2020 lalu dan D-Net sejak tahun 2016 silam.

Facebook turut menghadirkan Terragraph, teknologi nirkabel gigabit yang dirancang untuk memenuhi permintaan yang semakin besar akan akses internet berkecepatan tinggi di lingkungan perkotaan dan pinggiran kota.

Teknologi ini menyediakan alternatif yang cepat, terjangkau, dan mudah digunakan untuk kabel serat optik, serta dapat mendukung penggunaan akses nirkabel tetap, wifi publik, dan menyediakan konektivitas yang mendasari layanan Smart City.

Facebook pun telah bekerjasama dengan Indosat Ooredoo untuk meluncurkan "Internet1O1", kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi internet seluler di Indonesia, dan membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka.

Program ini bekerja erat dengan pengecer lokal untuk menyediakan akses internet ke lebih banyak orang online.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait