Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Facebook, Instagram dan WhatsApp Down, Begini Analisa Pakar

Griska Laras,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Facebook, Instagram dan WhatsApp Down, Begini Analisa Pakar
Image: Ilustrasi facebook (Freepik)

Jakarta - Layanan Facebook, WhatsaApp, dan Instagram mulai berangsur pulih setelah dilaporkan down sejak Senin (5/10/2021) malam.

Meski kini layanan sudah berangsur pulih, pihak Facebook Inc belum memberi tahu penyebab pasti gangguan tersebut.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer, sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya mengalami masalah jaringan. Hal itu dia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya, bersamaan dengan permintaan maaf kepada seluruh pengguna.

"Permintaan maaf yang tulus kepada semua orang yang terdampak akibat terhentinya layanan Facebook saat ini. Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk memulihkannya," cuit Schropfer, (5/10/2021).

Namun beberapa pakar teknologi berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan Facebook Inc. Kepala peneliti perusahaan intelijen ancaman siber Bad Packets, Troy Mursch menyebut terhentinya layanan Facebook dkk diakibatkan karena kesalahan DNS.

Kesalahan DNS cukup umum dan itu adalah alasan mengapa suatu situs tidak bisa diakses. DNS sendiri berperan untuk menerjemahkan nama host atau situs menjadi alamat IP yang bisa dibaca komputer.

"Terhentinya Facebook tampaknya disebabkan oleh DNS. Tapi itu hanya gejala dari masalah," kata Mursch kepada Wired.

Mursch juga mengatakan tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp disebabkan karena adanya masalah di Border Gateway Protocol (BGP).
 
Mursch menilai Facebook Inc menarik rute Border Gateway Protocol (BGP) yang berisi alamat IP dari server nama DNS-nya. BGP sendiri bertugas menentukan rute data yang diambil saat melewati lalu lintas informasi.

Senada dengan Mursch, CTO Cloudfare Inc John Graham Cumming juga menyebut tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp terjadi karena masalah DNS.

"Sekitar 5 menit sebelum DNS Facebook berhenti bekerja, kami lihat banyak BGP berubah (kebanyakan menarik rute) untuk autonomous system number (ASN) Facebook," cuitya di akun @jgrahamc.

Tetapi belum diketahui mengapa rute BGP Facebook berubah atau hilang. Menurut beberapa pakar masalah ini tidak umum, apalagi jika terjadi dalam skala besar dan durasi yang cukup lama.  

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down. Keluhan ini muncul sejak Senin (4/10/2021) hingga Senin (5/10/2021) selama kurang lebih 6 jam.

Tidak hanya di Indonesia, gangguan terjadi secara global di sejumlah negara, seperti Amerika dan Eropa.

Ini bukan pertama kalinya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down bersamaan. Ketiga aplikasi media sosial itu sering dilaporkan eror serentak sejak 2019. Gangguan itu muncul di tengah wacana Facebook yang akan mengintegrasikan seluruh layanannya.

Gangguan pada tiga platform sosial media itu pun membuat para pengguna di seluruh dunia panik dan beralih ke Twitter.

Mereka mengeluhkan gangguan tersebut hingga membuat keyword Facebook, WhatsApp, Instagram, Mark Zuckerberg dan #SocialMediaDown jadi trending topic di Twitter Indonesia.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait