Jakarta - Setelah diumumkan belum lama ini, fitur pesan WhatsApp hilang otomatis sudah bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia. Bagaimana caranya?

Untuk menggunakan fitur baru ini harus terlebih mengaktifkan opsi Disappearing Messages. Langkahnya sebagai berikut:

1. Buka chat individu atau grup yang ingin pesan terhapus otomatis
2. Tekan nama kontak atau grup di bagian atas
3. Pilih Disappearing Messages
4. Tekan opsi On

Dari sini semua pesan yang dikirim akan terhapus setelah tujuh hari. Selama mengaktifkan fitur ini, kita akan melihat ikon jam di gambar profil kontak.

Untuk menonaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan langkah yang sama. Hanya tinggal memilih opsi Off saja.

Sebelumnya diberitakan WhatsApp berusaha agar percakapan di platformnya semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung. Artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya. 

"Itulah sebabnya kami sangat antusias mendatangkan opsi untuk menggunakan fitur Pesan Sementara," ujar WhatsApp dalam keterangan resminya.

1605496828-whatsapp-fitur-pesan.jpegFitur pesan WhatsApp hilang otomatis setelah tujuh hari kini bisa digunakan di Indonesia. (Screenshot)

Saat fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah tujuh hari, menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat.

Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

"Kami memulai dengan kurun waktu tujuh hari. Menurut kami, jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan. Contohnya, daftar belanja atau alamat toko yang Anda terima beberapa hari sebelumnya akan tetap tersedia selama Anda membutuhkannya, dan akan hilang setelahnya," jelas WhatsApp.

Komentar
paper plane