menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Frisian Flag Indonesia Bahas Pentingnya Asupan Gizi di Tengah Pandemi

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Frisian Flag Indonesia Bahas Pentingnya Asupan Gizi di Tengah Pandemi
Image: Frisian Flag Indonesia

Jakarta – PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggelar diskusi yang membahas pentingnya kesadaran menjaga dan meningkatkan kesehatan diri dan pikiran di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia.

Diskusi online tersebut digelar Rabu (29/4/2020) yang bertajuk 'Building Strong Family pas #DiRumahAja: Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia'.

Dalam diskusi itu, FFI menggandeng tiga orang pakar nih guys yaitu Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ir Ahmad Syafiq, Psikolog Rosdiana Setyaningrum,  dan dokter, influencer, sekaligus pegiat olahraga Falla Adinda.

Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro mengatakan kondisi fisik dan psikologis menjadi poin penting di tengah berlangsungnya kebijakan PSBB.

Pasalnya, PSBB menjadikan kita untuk mengubah pola kerja yang semula di kantor menjadi work from home maupun school from home bagi anak. Hal ini tentunya berdampak secara fisik, psikologis maupun pola asuh bagi keluarga di rumah.

“Melalui forum diskusi ini, FFI berharap dapat memberikan informasi bagaimana menyiasati pola asuh keluarga dibarengi kewajiban bekerja dari rumah bagi orangtua maupun sekolah dari rumah bagi anak. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dan anak yang masing masing turut menyesuaikan kegiatan kesehariannya menjadi di dalam rumah," ujar Andrew, Rabu (29/4/2020).

Ia menjelaskan, selain pola asuh, FFI juga turut berbagi informasi mengenai asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat bagi seluruh keluarga Indonesia di saat penerapan PSBB ini. Hal ini tentunya sejalan dengan salah satu visi perusahaan yaitu menyediakan produk bernutrisi yang baik bagi keluarga Indonesia.

1588168032-WhatsApp-Image-2020-04-29-at-20.41.51-(1).jpeg

Menurut Ir Ahmad Syafiq, untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal dibutuhkan imunitas yang tangguh untuk dapat mendukung tubuh beradaptasi dengan berbagai macam virus dan penyakit.

“Untuk menjaga imunitas, kita memerlukan beragam asupan gizi, salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi, salah satunya untuk memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas. Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu dan telur,” jelas Ahmad Syafiq.

Syafiq menambahkan bahwa susu, bersama dengan telur, merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik  karena mudah diserap tubuh dan komposisi asam amino esensialnya lengkap.

Susu juga mengandung beberapa sumber zat gizi penting untuk mendukung berfungsinya sistem imun, seperti asam amino esensial, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), zinc, selenium, dan vitamin D3.

Vitamin D3 sangat baik kita konsumsi di bulan puasa ini karena dapat membantu proses penyerapan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat kita berpuasa seharian penuh. Selain dari makanan, paparan sinar matahari pagi juga penting karena membantu mengubah pro vitamin D dalam tubuh kita menjadi vitamin D.

Namun, asupan gizi saja tidak cukup untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal loh guys.

Kondisi raga yang baik berperan penting untuk menjaga kesehatan sehingga imunitas bekerja secara optimal. Hal ini dikatakan oleh seorang dokter, influencer sekaligus pegiat olahraga dr Falla Adinda.

Sebagai dokter maupun seorang ibu, menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menjaga higienitas tubuh setiap saat adalah faktor – faktor sangat penting bagi Falla.

Hal tersebut tak lain untuk memastikan tubuh membangun sistem imun baik yang akan membantunya mengurangi resiko paparan virus ketika harus bertugas di luar rumah maupun bekerja dari rumah.

“Menerapkan gaya hidup sehat dan bersih menjadi semakin krusial dan saat ini harus menjadi gaya hidup kita. Dengan waktu di rumah yang lebih banyak saat tidak bekerja, kita punya lebih banyak waktu untuk berolahraga dengan gerakan-gerakan sederhana atau beraktifitas fisik bersama pasangan dan anak-anak,” ujar Falla.

Ia menyarankan, keluarga Indonesia punya olahraga favorit yang bisa dilakukan bersama di rumah serta tambahnya mensosialisasikan menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan sesering mungkin adalah upaya untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain itu guys, Psikolog Rosdiana Setyaningrum menambahkan, pentingnya kesehatan jiwa dan ketenangan pikiran dalam membentuk pribadi yang sehat fisik dan mental.

Rosdiana menganjurkan orang tua mengelola stres dengan memperbanyak mengkonsumsi berita baik. Orang tua juga harus aktif mendampingi anak-anak mengelola informasi secara proporsional dan tidak berlebih.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait