beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Gaji Kecil Bikin Otak Cepat Tua, Mitos atau Fakta?

Gaji Kecil Bikin Otak Cepat Tua, Mitos atau Fakta?
Image: ilustrasi duit gajian habis. (Freepik)

Jakarta - Bekerja dengan gaji kecil biasanya dikeluhkan karena cenderung nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi Urbanreaders tahu nggak sih, kalau gaji minim juga bisa bikin otak cepat menua?

Mungkin efek ini jarang terdengar, melansir Study Finds, sebuah studi baru menemukan bahwa terus bekerja dengan gaji rendah menyebabkan penurunan memori secara signifikan lebih cepat daripada seseorang yang berpenghasilan tinggi.

Para peneliti di Universitas Columbia mencatat penelitian sebelumnya telah menghubungkan pekerjaan bergaji rendah dengan gejala depresi, obesitas, dan hipertensi. Sementara kondisi itu meningkatkan risiko seseorang mengalami penuaan.

“Penelitian kami memberikan bukti baru bahwa paparan berkelanjutan terhadap upah rendah selama tahun-tahun penghasilan puncak dikaitkan dengan penurunan memori yang dipercepat di kemudian hari,” kata seorang peneliti postdoctoral di Columbia University Mailman School of Public Health, Katrina Kezios, PhD dalam rilis media.

Berlandaskan catatan penelitian dari National Health and Retirement Study (HRS) yang melibatkan data orang dewasa sebanyak 2.879 kelahiran tahun 1936 dan 1941, peneliti mendefinisikan gaji kecil sebagai upah per jam yang kurang dari dua pertiga upah median selama tahun tertentu.

Upah median sendiri adalah batas di antara 50 persen pembayaran gaji tertinggi dan 50 persen pembayaran terendah dalam pekerjaan tertentu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait