beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Panti Jompo di Jepang Buka Loker untuk Bayi, Gajinya Susu dan Popok

William Ciputra,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Panti Jompo di Jepang Buka Loker untuk Bayi, Gajinya Susu dan Popok
Image: Ilustrasi popok bayi. (Freepik/jul14ka)

Jakarta - Sebuah panti jompo di Jepang membuka lowongan kerja yang tak biasa. Bagaimana tidak, mereka merekrut bayi untuk menjadi karyawan barunya. 

Menurut Kepala Panti Jompo Moyai Seiyukai, Gondo Kimie, bayi yang akan direkrut harus berusia 3 tahun atau lebih muda lagi. Karyawan bayi ini nanti akan bertugas menemani orang-orang tua di panti tersebut kapan pun. 

Sebagai imbalan, para bayi yang direkrut akan mendapatkan susu formula, popok, waktu kerja yang fleksibel, hingga secangkir teh ketika berkunjung. 

Kimie menjelaskan, fasilitas panti yang dikelolanya dihuni oleh sekitar 120 orang lanjut usia. Ide merekrut bayi ini muncul saat ia melihat penghuni panti bersorak saat ada cucu yang datang berkunjung.

Adapun rekrutmen terbuka itu sudah mulai dilakukan sejak tahun 2021 lalu. Kini sudah ada 32 bayi yang menjadi ‘karyawan’ di panti tersebut. 

Menurut Kimie, upaya yang dilakukannya cukup berhasil dalam menghibur penghuni pantinya. Mereka bisa tersenyum dan bermain dengan bayi-bayi yang dipekerjakan itu. 

“Bahkan yang biasanya tidak banyak bicara dan tersenyum, saat melihat bayi, ekspresi mereka menjadi lebih cerah,” kata Kimie mengutip CNN, Jumat (2/9/2022). 

Kimie menambahkan, kunjungan para bayi karyawan ini juga membantu mengubah citra publik di Jepang tentang panti jompo yang dikesankan menyedihkan dan sepi. 

Kata Kimie, bayi yang sering berkunjung dapat mengembangkan hubungan erat dengan warga lansia yang menghuni panti. 

“Saya berharap, ketika mereka mulai sekolah, mereka terus mengunjungi tempat ini layaknya rumah mereka,” pungkas Kimie. 

Wah, ada-ada saja ya, Urbanreaders.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait