Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Gandeng GoTo, Pemkot Ajak UMKM Surabaya Manfaatkan Ekosistem Digital

Nivita Saldyni,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gandeng GoTo, Pemkot Ajak UMKM Surabaya Manfaatkan Ekosistem Digital
Image: GoTo x Pemkot Surabaya. (Humas Pemkot Surabaya)

Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng GoTo mengajak para pelaku UMKM di Kota Pahlawan untuk bangkit di tengah pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan ekosistem digital. Hal itu diwujudkan dalam Gerakan #BangkitBersama, guys.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Gerakan #BangkitBersama adala upaya pihaknya bersama GoTo untuk membantu UMKM di masa pandemi. Salah satunya dengan memanfaatkan integrasi digital dalam UMKM.

"Bangkit Bersama adalah kerjasama antara Pemkot dengan GoTo dimana pemasarannya dan penjualannya melalui daring. Alhamdulillah dengan memanfaatkan digital maka pendapatannya teman-teman UMKM ini bisa meningkat meskipun di masa pandemi," kata Eri dalam keterangan persnya, Selasa (9/11/2021).

Dengan adanya kerjasama ini, kata Eri, maka Pemkot harus lebih terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Sebab menurutnya untuk menggerakkan UMKM dan ekonomi masyarakat Surabaya tidak bisa jika hanya dikerjakan satu pihak, Pemkot harus merangkul berbagai stakeholder untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mendorong bangkitnya aktivitas ekonomi pada masa Pandemi.

"InsyaAllah sudah ada beberapa titik yang kami kerjasamakan dengan GoTo dan akan ada sepuluh titik lagi yang akan kami kerjasamakan seperti ini," katanya.

Gerakan ini juga hadir dengan sederet program yang lengkap dan holistik loh. Bahkan melibatkan dan menyelaraskan tiga elemen penting dalam ekosistem GoTo, yaitu UMKM, konsumen, dan mitra driver. Untuk itu Eri menyebut pihaknya berharap seluruh UMKM di Surabaya dapat menggunakan platform digital dengan bantuan dari pihak lain seperti GoTo. 

Sementara itu, Co Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan bahwa pihaknya akan bekolaborasi dengan berbagai pemerintah daerah untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia. Untuk di Surabaya, salah satu dukungan yang telah diberikan kepada UMKM di antaranya promosi GoFood untuk pedagang yang tergabung di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Surabaya pada akhir Oktober 2021.

"Sebagai karya anak bangsa, ekosistem GoTo - yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial - terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna mendorong kapasitas pegiat UMKM lokal serta mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat agar lebih efisien," katanya.

Sedangkan Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo menambahkan, fokus pihaknya adalah memberdayakan UMKM. Sehingga harapannya UMKM di Kota Pahlawan bisa Bangkit Bersama di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Fokus GoTo adalah untuk memberdayakan berbagai UMKM di Surabaya agar dapat tumbuh kembang. Dengan dukungan solusi digital dari GoTo bersama inisiatif seperti Sentra Wisata Kuliner dari Pemerintah Kota Surabaya, kami percaya UMKM di Surabaya akan #BangkitBersama," pungkasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait