Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Gantikan Biden, Kamala Harris Jadi 'Presiden AS' Selama 85 Menit

Griska Laras,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gantikan Biden, Kamala Harris Jadi 'Presiden AS' Selama 85 Menit
Image: Joe Biden dan Kamala Harris. (Twitter/@Joebiden)

Jakarta - Kamala Harris menjadi perempuan pertama yang mendapat kewenangan sebagai Presiden Amerika Serikat, meski hanya sebentar.

Harris diberikan kekuasaan untuk memimpin negara selama 85 menit selagi Biden dibius untuk kolonoskopi rutin di Rumah Sakit Walter Reed di luar Washington, Jumat (19/11/2021).

Seperti dilaporkan Gedung Putih, Biden menulis surat kepada Ketua DPR Nancy Pelosi dan Senator Demokrat Patrick Leahy soal penyerahan kekuasaan tersebut pada Jumat (19/11/2021) pukul 10.10 waktu setempat.

"Hari ini saya akan menjalani prosedur medis rutin yang memerlukan obat penenang. Mengingat keadaan saat ini, saya telah memutuskan untuk mengalihkan sementara kekuasaan dan tugas kantor Presiden Amerika Serikat kepada Wakil Presiden selama periode singkat prosedur dan pemulihannya," tulis Biden.

Berdasarkan Amandemen ke-25 konstitusi AS bagian 3, presiden bisa mengirim surat kepada ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden Senat dan menyatakan bahwa mereka tidak bisa menjalankan kekuasaan dan menunjuk wakil presiden untuk mengambil alih wewenang.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan pengalihan kekuasaan sementara seperti ini pernah terjadi di masa kepemimpinan George W Bush.

"Ini pernah terjadi sebelumnya. Presiden George W Bush menjalani prosedur yang sama pada tahun 2002 dan 2007," kata Psaki dalam keterangan resminya.

Joe Biden kembali mengambil alih kekuasannya pada 11.35 waktu setempat. Menurut dokter yang memeriksa Biden, kondisi orang nomor satu di AS itu sangat baik.  Dia mengatakan bahwa sang presiden sehat dan mampu melaksanakan kembali tugas-tugasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait