menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Presiden Jokowi dan Sederet Pemimpin Dunia Beri Selamat ke Joe Biden-Kamala Harris

Kintan Lestari,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Presiden Jokowi dan Sederet Pemimpin Dunia Beri Selamat ke Joe Biden-Kamala Harris
Image: Joe Biden didampingi istri, Jill Biden, saat dilantik menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat di Kompleks Gedung Capitol, Washington, Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/wsj.

Jakarta - Kemarin (20/1/2021), Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat.

"Dunia sedang menyaksikan, mengamati kita semua hari ini ... Amerika telah diuji, dan hasilnya kami jadi lebih kuat. Kami akan memperbaiki aliansi kami dan terlibat dengan dunia sekali lagi," ujar Biden dalam pidato pengukuhannya.

Sejumlah pemimpin dunia pun mengucapkan selamat atas pelantikan Biden dan Kamala Harris, termasuk Presiden Joko Widodo.

Lewat Instagram, Jokowi memberi selamat pada Biden serta wakil presiden Kamala Harris. Ia berharap kedepannya Indonesia dan AS akan berhubungan baik.

"Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris atas pelantikan Anda sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat," tulis Jokowi.

"Mari kita terus perkuat kemitraan strategis kita, tidak hanya untuk kepentingan kedua negara kita, tetapi untuk dunia yang lebih baik untuk semua," lanjutnya di caption Instagram.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Mantan Presiden AS, Barack Obama, juga menyampaikan ucapan selamat pada Biden dengan mengatakan kalau ini adalah masanya.

"Selamat untuk teman saya, Presiden @JoeBiden! Ini adalah waktumu," cuit Obama di Twitter.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, juga memberi selamat pada Biden dan Harris atas jabatan baru mereka. Selain itu Macron juga mengucapkan selamat pada AS karena kembali bergabung dengan Perjanjian Paris. 

"Harapan terbaik pada hari terpenting ini bagi rakyat Amerika! Kita bersama. Kita akan lebih kuat menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita. Selamat datang kembali di Perjanjian Paris!," cuit Emmanuel Macron. 

Begitu pun dengan Perdana Menteri Kanada, Perdana Menteri Inggris, Perdana Menteri India, Perdana Menteri Israel, dan Kanselir Jerman. Semuanya juga mengucapkan selamat pada Biden dan Harris.

"Selamat, @JoeBiden, pada pelantikan Anda sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Kedua negara kita telah bersama-sama mengatasi beberapa tantangan terbesar dalam sejarah - dan saya berharap dapat melanjutkan kemitraan ini dengan Anda, @KamalaHarris, dan administrasi Anda," cuit Justin Trudeau.

"Selamat kepada @JoeBiden atas pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada @KamalaHarris pada pelantikan bersejarahnya. Kepemimpinan Amerika sangat penting dalam masalah yang penting bagi kita semua, dari perubahan iklim hingga COVID, dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Biden," cuit Boris Johnson.

"Selamat untuk @JoeBiden sebagai Presiden Amerika Serikat. Saya berharap dapat bekerja dengannya untuk memperkuat kemitraan strategis India-AS," cuit Narendra Modi.

"Selamat kepada @KamalaHarris yang dilantik sebagai @VP (wakil presiden). Ini adalah acara bersejarah. Berharap dapat berinteraksi dengannya untuk membuat hubungan India-AS lebih kuat. Kemitraan India-AS bermanfaat bagi planet kita," cuit Modi lagi. 

Setelah acara pelantikannya kemarin, Biden dilaporkan langsung menuju Gedung Oval untuk mengerjakan tugas-tugas kepresidenan.

Presiden dari Partai Demokrat itu menyatakan akan memprioritaskan penanganan COVID-19 sampai berpartisipasi untuk menangani masalah perubahan iklim.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait