beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Kepulauan Solomon

Nivita Saldyni,
22 November 2022 16.10.24 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Kepulauan Solomon
Image: Sumber: Ilmugeografi.com

Jakarta - Gempabumi dengan magnitudo 7,0 telah melanda Kepulauan Solomon, Selasa (22/11/2022). Survei Geologi AS (USGS) melaporkan, gempa terjadi pukul 13.00 waktu setempat.

Sampai saat ini belum ada laporan korban luka atau meninggal dunia. Sejumlah warga melaporkan Ibu Kota Honiara mengalami goncangan cukup hebat sekitar 20 detik. Listrik di wilayah tersebut pun sempat padam setelah gempa.

"Gedung itu benar-benar berguncang hebat," kata seorang manajer hotel di Honiara, dilansir dari AFP, Selasa (22/11/2022).

Jaksa Agung Kepulauan Solomon John Muria pun sempat membagikan foto pasca gempa. Tampak ruangan kerja di sekitarnya berantakan, dokumen dalam lemari arsip berserakan di lantai.

Dilansir dari BBC, gempa bukan hanya terjadi sekali. USGS melaporkan, gempa pertama terjadi pada kedalaman 15 km (9 mil), sekitar 16 km barat daya wilayah Malango. Gempa tersebut kemudian diikuti setidaknya oleh tiga kali gempa susulan di area yang sama. USGS mencatat gempa susulan terbesar berkekuatan 6,0.

Saat pihak berwenang di wilayah setempat sempat mengeluarkan peringatan tsunami, pemerintah mengimbau masyarakat setempat untuk menyelamatkan diri dan berpindah ke dataran yang lebih tinggi. Namun peringatan tersebut telah dicabut.

"Kami perkirakan akan ada gempa susulan sehingga orang-orang harus tetap waspada di sekitar gedung dan bangunan tinggi karena besarnya gempa," imbau Direktur Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon David Hiba Hiriasia.

Sebagai informasi, Indonesia dan Kepulauan Solomon sama-sama berada di area Pacific Ring of Fire, wilayah yang terdapat deretan gunung api sehingga sering terjadi gempa. Gempa ini sendiri terjadi hanya berselang satu hari dari gempa berkekuatan 5,6 yang guncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait