Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Google Dituding Sedang 'Menciptakan Tuhan'

Afid Ahman,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Dituding Sedang 'Menciptakan Tuhan'
Image: Google. (Ilustrasi google)

Jakarta -  Mo Gawdat, mantan Chief Business Officer Google, mengumbar informasi yang sangat mengejutkan. Dia menuding Google sedang ‘menciptakan tuhan’.

“Mereka (para peneliti Google) sedang menciptakan Tuhan. Ini benar-benar menakutkan," ujarnya.

Tuhan yang dimaksud Gawdat adalah robot yang diciptakan di lab Google X. Robot yang dibuat dengan teknologi AI itu bisa menirukan semua gerakan manusia dengan begitu luwes. 

Gawdat mengaku kaget sama perkembangan lengan robot tersebut. Dia sempat melihat lengan robot tersebut dapat meraih dan mengambil bola. Lebih menakutkan robot tersebut ternyata bisa mengambil apa saja dengan sangat cepat.

"Dan saya tiba-tiba menyadari, ini benar-benar menakutkan. Mereka melakukan apa yang anak-anak akan membutuhkan waktu dua tahun untuk melakukannya,” kata Gawdat.

"Kenyataannya adalah, kita sedang menciptakan Tuhan," tambahnya.

Gawdat berpendapat bahwa AI dapat mencapai titik di mana ia berada pada singularitas teknologi. Artinya AI bisa menjadi mandiri dan lepas kendali dari tangan manusia. 

Perubahan ini pada dasarnya tidak dapat diubah dan kita bisa menghadapi situasi yang mirip dengan yang digambarkan dalam film Terminator.

“Mesin pintar ini bisa melampaui kemampuan manusia dan kemungkinan besar tidak akan bisa dikendalikan," ungkap Gawdat. 

Untuk diketahui Gawdat bukan satu-satunya tokoh teknologi yang mewanti-wanti akan bahaya kecerdasan buatan. Sebelumnya, CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk memperingatkan tentang bahaya yang terkait dengan pengembangan teknologi ini.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait