Hot News
URnews

Gubernur Kepulauan Riau Terkonfirmasi Positif COVID-19

Nivita Saldyni,
1 Agustus 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gubernur Kepulauan Riau Terkonfirmasi Positif COVID-19
Image: H. Isdianto, S.Sos., M.M (kanan) saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) sisa masa jabatan 2016-2021 di Istana Negara Jakarta, Senin (27/7/2020). Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI

Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto, S.Sos., M.M terkonfirmasi positif COVID-19, Sabtu (1/8/2020). Ia dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

"Kami belum dapat data. Namun kepala BTKLPP Batam sudah menyampaikan hasilnya secara lisan kepada Gubernur," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, seperti dilansir Antara, Sabtu (1/8/2020).

Tjetjep mengatakan sebelum terkonfirmasi tertular virus corona, Gubernur diketahui menghadiri acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Penyambutan yang dihadiri oleh warga dan sejumlah pejabat daerah itu berlangsung pada Senin (27/7/2020) lalu, usai Gubernur pulang dari pelantikan di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Selain menghadiri acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Isdianto diketahui juga semat menghadiri acara tepung tawar di Gedung Daerah Tanjungpinang dan mengunjungi Pulau Penyengat dan Makam Pahlawan Tanjungpinang.

Isdianto juga diketahui sempar menghadiri kegiatan di RSAL Tanjungpinang, rapat dengan kepala desa, dan rapat dengan pejabat Universitas Maritim Raja Ali Haji. Padatnya jadwal gubernur membuat Dinas Kesehatan Kepulauan Riau masih terus melakukan penelusuran terhadap kontak dekat yang bersangkutan.

Sebelumnya, lima staf Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, yang bertugas melayani kebutuhan Gubernur Isdianto lebih dulu terkonfirmasi positif COVID-19 pada Jumat (31/7/2020) lalu. 

Namun Tjetjep mengatakan hingga saat ini belum diketahui di mana dan dari siapa Isdianto dan kelima staf Humas Pemprov Kepulauan Riau itu tertular COVID-19. Sementara itu saat ini, baik Gubernur Isdianto dan lima staf Humas Pemprov Kepulauan Riau yang positif COVID-19 tengah menjalani karantina mandiri. 

Tjetjep menambahkan bahwa pihaknya bergerak cepat untuk memeriksa pejabat dan staf pemerintah provinsi serta warga yang pernah kontak dekat dengan Gubernur dan lima stafnya untuk segera melacak penularan COVID-19. Bahkan kini Pemprov Kepulauan Riau tengah berupaya menyediakan tempat karantina bagi warga yang membutuhkan.

"Kami masih melobi pemilik hotel," tutupnya.

 


Loading ..