beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Ajak Warga Lestarikan Hutan Mangrove

Anita F. Nasution,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Ajak Warga Lestarikan Hutan Mangrove
Image: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menanam pohon mangrove di Pasar Rawa Gebang Kabupaten Langkat. (Dok. Humas Pemprov Sumut)

Medan - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-75, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak masyarakat Sumut untuk bersama-sama melestarikan alam nih urbanreaders, yaitu dengan menanam pohon mangrove di Pasar Rawa Gebang Kabupaten Langkat. 

Kegiatan penanaman yang berlangsung pada Senin (3/8/2020) tersebut menjadi salah satu kegiatan rehabilitasi hutan mangrove. 

Seperti yang kita ketahui, rehabilitasi hutan mangrove memiliki banyak tujuan mulai dari menambah tutupan lahan guna mencegah banjir dan longsor, kekeringan dan kebakaran. 

Tidak hanya itu, rehabilitasi hutan mangrove juga menjadi konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbondioksida di atmosfer serta antisipasi dalam memenuhi ketersediaan energi.

Nah, dalam kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut, Edy juga menjelaskan bahwa penanaman pohon mangrove pada peringatan Hari Mangrove Sedunia ini memiliki manfaat untuk  mencegah erosi dan abrasi pantai. 

Di mana mangrove berkontribusi mengurangi pemanasan global serta mampu menyerap emisi karbon 4 sampai 5 kali lebih besar daripada hutan daratan. 

Dengan menjaga alam mangrove, tidak hanya menjaga tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa satwa tertentu saja, pelestarian mangrove juga dapat membantu perekonomian bagi masyarakat sekitar urbanreaders.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait